Tiga wahana wisata paling populer di Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur Woogiri (WGM) menjadi obyek wisata paling menarik yang dimiliki kabupaten Wonogiri hingga saat ini. Puluhan ribu pengunjung baik dari pulau Jawa maupun luar Jawa datang ke WGM setiap tahunnya.

Selain itu, waduk Gajah Mungkur juga memberi pendapatan asli daerah yang cukup besar  bagi Wonogiri. Tahun 1015 lalu, WGM memberi pendapatan Rp 3,3 miliar rupiah. Tahun 2016 ini, Pemkab Wonogiri menaikan capaian pendapatan WGM menjadi Rp 3,8 miliar.

Menurut pengelola WGM, tempat wisata alam dan buatan ini memiliki tiga wahana wisata yang populer bagi pengunjung. Berikut tiga sarana wisata yang paling digemari pengunjung waduk Gajah Mungkur:

1.Taman Satwa

Taman satwa menjadi tempat paling dicari pengunjung saat masuk  ke WGM. Taman satwa WGM berada di sisi timur waduk yang bisa dimasuki pengunjung dengan gratis karena memang taman ini berada di ruang terbuka dengan tentu saja banyak hewan yang terlindungi didalam kandang.

Disini, pengunjung bisa berinteraksi atau melihat secara lebih dekat cukup banyak satwa seperti yang paling baru burung jalak putih dan jarak bali. Selain itu juga ada buaya, gajah, orang utan, burung merak, burung nuri, beom rusa juga kasuari.

wgm_rusa-timur

Wahana wisata satwa Waduk Gajah Mungkur.(Soloraya.com)

2.Wisata Air

Wisata air menjadi wahana wisata kedua paling banyak dikunjungi wisatawan waduk Gajah Mungkur. Di sini ada banyak sarana wisata yang banyak menarik perhatian pengunjung yaitu perahu/kapal, sepeda air, waterboom, banana boat.

Untuk menaiki perahu/kapal bisa membayar Rp 7 ribu per orang, atau Rp 80 ribu /kelompok, utuk bermain di waterboom pada hari biasa, tiket masuknya mencapai Rp 10 ribu, sedang pada hari libur menjadi Rp 12,5 ribu.

Wahana wisata air di obyek wisata Waduk Gajah Mungkur ini menyumbang 30 persen dari pendapatan tempat wisata yang luasan waduknya mencapai 8,8 hektar.

wgm_wahana-air

Wahana wisata air Waduk Gajah Mungkur. (Soloraya.com)

  1. Wahana wisata anak-anak

Wahana wisata untuk anak-anak di obyek wisata waduk Gajah Mungkur cukup banyak jenisnya sehingga menjadi salah satu favorit pengunjung WGM setelah wahana wisata air. Menurut pengelola obyek wisata WGM, wahana wisata anak-anak menyumbang 10 persen pendapatan.

Fasilitas yang ada di wahana anak-anak ini adalah mandi bola, komedi putar, mini rel, kereta kelinci serta hand boat. Untuk menggunakan fasilitas wisata anak-anak tersebut, dikenai tiket Rp 5.000,00.

Pengelola sudah merencanakan untuk menambah wahana wisata anak-anak berupa kora-kora serta bianglala. Selain tiga besar wahana wisata paling populer di obyek wisata waduk Gajah Mungkur, juga masih ada beberapa wahan wisata yang gratis seperti panggung hiburan, taman remaja juga lapangan pendaratan ganthole.

wgm_taman-anak-anak

Wahana wisata anak-anak. (Soloraya.com)

Untuk bisa masuk ke obyek wisata waduk Gajah Mungkur, pengunjung harus membayar tiket Rp 5000,00 untuk hari biasa seta Rp 7500,00 pada hari libur dan Minggu.

Sedang untuk tiket parkirnya, sepeda motor Rp 1.000,00/unit, mobil Rp 3.000,00. Mini bus (Rp 5.000,00) dan bus/truk (Rp 10.000,00).

Selain itu, di dalam obyek wisata WGM, ada banyak pedagang beragam jenis makanan dan minuman baik yang berada di lapak maupun pedagang asongan yang berkeliling didalam obyek wisata.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: