Kebun Bunga PG Tasimadu Karanganyar, mulai menarik perhatian anak muda

Sudah sekitar satu bulan ini, kebun bunga milik Pabrik Gula (PG) Tasikmadu yang berada di sisi selatan pabrik menarik minat remaja/anak muda Karanganyar dan sekitarnya untuk dijadikan tempat berfoto selfie ataupun wefie.

Kebun bunga dengan luasan sekitar satu hektar ini berada di timur Masjid Ar Rahman yang persis berada di pojok selatan di perlintasan jalan utama Tasikmadu-Kebakkramat.

Setiap sore atau pada saat akhir pekan, kebun bunga milik PT Tasikmadu ini banyak dikunjungi remaja/anak muda.

Akses menuju kebun bunga yang mudah serta diperbolehkannya warga untuk bebas masuk ke kebun bunga ini membuat remaja/anak muda senang mendatangi kebun bunga ini.

“Biasanya tiap akhir pecan antara jam tiga sampai lima sore banyak yang datang kesini untuk selfie,” kata Suwardi, salah satu petugas penjaga Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) PG Tasikmadu, Selasa (30/8) kepada Soloraya.com.

Kebun bunga PG Tasikmadu

Kebun bunga PG Tasikmadu. (Soloraya.com)

Ya, kebun bunga ini merupakan bagian dari IPAL PG Tasikmadu yang berfungsi untuk menjernihkan air olahan limbah atau menghilangkan racun dari pengolahan air limbah di instalasi ini.

Sejumlah bunga tumbuh meninggi di kolam-kolam penjernih air limbah ini seperti kana kuning dan biru, bintang laut, melati air, serta parikesit. Sayangnya, dari pantauan Soloraya.com, bunga kana sudah banyak yang layu.

“Sebenarnya sudah waktunya bunga-bunganya dipotongi. Nanti bisa tumbuh lagi. Biasanya seperti itu,” kata Suwardi.

Sementara bagi pengunjung kebun bunga di IPAL PT Tasikmadu ini, harus berhati-hati bila memang ingin menikmati  kebun bunga ini, terutama saat berjalan-jalan di sisi selatan kebun karena sangat dekat dengan instalasi IPAL berbentuk kolam-kolam yang berkedalaman lima meter.

Bila pengunjung kebun bunga ini ingin berfoto selfie ataupun wefie, silakan ambil di sisi utara kebun bunga. Pintu pagar pembatas antara jalan raya dengan lahan PG Tasikmadu yang selalu terbuka lebar memudahkan warga menikmati keindahan kebun bunga ini.

Selain itu, untuk masuk ke kebun bunga ini tidak dipungut biaya dan tidak ada pengawasan khusus terhadap warga yang mengunjungi kebun bunga itu meski memang ada operator IPAL PG Tasikmadu yang berada di dekat kebun bunga tersebut. Petugas IPAL berada di sekitar kebun bunga tersebut dari pagi hingga malam hari yang dibagi dalam tiga shift kerja.

Kebun bunga PG Tasikmadu_

Kebun bunga PG Tasikmadu di IPAL PG Tasikmadu. (S0loraya.com)

Apalagi ada latar belakang berupa masjid besar Ar Rahman Tasikmadu di sisi barat kebun bunga. Walau memang tak bisa dihindarkan bau tidak menyenangkan yang datang dari IPAL PG Tasikmadu didekat kebun bunga  yang indah ini. Ini karena pihak pabrik membuang limbah fisik sisa produksi gula dari dalam pabrik.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: