Canggihnya Taman Air Mancur “Wing of Time” Karanganyar

Sejak akhir tahun lalu, alun-alun Karanganyar menjadi tempat wisata keluarga yang mempesona. Salah satu daya tarik dari alun-alun Karanganyar adalah taman air mancur yang berada di taman Gajah.

Taman Air Mancur Karanganyar ini dijuluki “Wing of Time” menjadi bagian dari program revitalisasi Alun-alun Karanganyar yang menghabiskan anggaran Rp 2,5 miliar. Pembangunan Taman Air Mancur Karanganyar menghabiskan dana Rp 1,6 miliar dari Pemprov Jateng,

Pengoperasian Taman Air Mancur Karanganyar menggabungkan atraksi air mancur dengan permainan laser digital yang diiringai dengan lagu-lagu Jawa dalam permainan musik campursari.

Taman air mancur ini terinspirasi oleh keberadaan air mancur modern “Wing of Time” di Purwakarta, Jawa Barat serta Singapura. Permainan air mancur dan laser digital ini memang mampu menarik perhatian pengunjung taman Gajah.

Pertama karena pancaran air mancur yang bisa dibuat dalam beberapa bentuk, tidak hanya lurus ke depan tapi juga berputar-putar saat berada diatas serta berkelok-kelok saat berada di bagian bawah.

Taman Air Mancur Kra

Taman Air Mancur Karanganyar. (Soloraya.com)

Canggihnya lagi, pancaran air mancur tersebut berubah warna setiap saat mulai dari ubahan warna kuning ke hijau lalu ke biru ke merah dll. Ada dua air mancur ‘Wing of Time” yang dibuat dalam satu lokasi kolam air. Bentuk pertama adalah air mancur dengan laser digital yang dibentuk  mengotak.

Di sinilah pancaran air mancur yang bisa memancarkan pancaran air mancur beraneka warna menyerupai warna-warna pelangi dari empat titik. Kemudian disisi lainnya, ada lepasan air mancur yang memancarkan air langsung ke atas namun bisa berkelok-kelok juga pada bagian bawah.

Semburan air mancur berwarna warni dengan beragam bentuk pancaran ini memang menakjubkan indera pandang para pengunjung taman gajah yang berada di sisi timur alun-alun Karanganyar.

Lalu apa hubungan pancaran air mancur serta teknologi laser ini dengan suara musik yang berbarengan diperdengarkan saat air mancur mulai memancar? Secara teknis, air mancur “Wing of Times” ini menggunakan teknologi komputerisasi canggih agar bisa beroperasi.

Dengan teknologi komputerisasi ini, antara suara musik dan pancaran air mancur dengan warna-warni air itu bisa “berinteraksi” dalam wujud “goyangan” air mancur yang keluar dari bawah yang mengikuti ritme musik yang dimainkan yang berada di sebuah ruangan di timur kolam air mancur.
Di sekeliling kolam air ini juga dipasangai lampu LED untuk menambah menarik perhatian pengunjung. Wahana wisata buatan anyar di Karanganyar ini, mampu menarik perhatian pengunjung baik tua maupun muda, anak-anak maupun orang tua.

Mereka selfie ataupun wefie di sekitar kolam air tempat air mancur modern tersebut memancarkan air yang bisa bergoyang oleh alunan musik campursari.

Taman Air Mancur KRA_

Taman Air Mancur Karanganyar. (Soloraya.com)

Saat Soloraya.com mengunjungi Taman Air Mancur ini pada Sabtu (27/8) cukup banyak pengunjung yang menikmati menariknya pancaran air mancur warna-warni dan bisa bergoyang tersebut. Sejumlah anak-anak menikmati imbasan air mancur dipinggir kolam.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: