Fakta unik suku maya, salah satu warisan dunia paling bernilai dan kaya sejarah

Lama sebelum jamannya kehidupan modern, bumi dihuni oleh kehidupan kuno yang berkelompok. kelompok-kelompok masyarakat tersebut, kemudian disebut dengan nama suku, atau kelompok etnik, jika didefinisikan berarti suatu golongan manusia yang anggota-anggotanya, mengidentifikasikan dirinya dengan sesama anggota berdasarkan garis keturunan yang sama, ciri khas kelompok, kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku dan ciri-ciri biologis.

Di dunia ini ada banyak suku, di indonesia saja terdapat sejumlah suku yang mempunyai karakteristik berbeda, baik itu bahasa, agama, perilaku, garis keturunan dan ciri-ciri biologis seperti terdapat dalam definisi tadi. di sejumlah negara, kehidupan suku hingga kini masih dipertahankan, atau setidaknya mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sosial manusia.

4afe567c89c8dc7b47d5502e178963d1

Salah satu suku tertua di dunia adalah suku maya, yang tinggal di yucatan, amerika tengah, yang mempunyai sejarah dan cerita panjang, serta memiliki pengaruh terhadap dunia modern. kemudian kita juga bisa temukan suku ainu di jepang, yang konon katanya merupakan orang pertama, sebelum bangsa jepang datang, suku ini menyimpan banyak misteri dan cerita unik.

Fakta unik suku maya

fakta unik pertama adalah tentang suku maya. meski merupakan salah satu suku tertua di dunia, keturunan suku maya masih ada hingga saat ini, terhitung ada lebih dari 7 juta orang asli suku maya, yang hidup di berbagai wilayah, di negara amerika tengah dan amerika selatan.

beberapa dari mereka masih mempertahankan kehidupan asli suku maya, namun ada pula yang sudah berbaur dengan kehidupan modern. kita kembali ke masa peradaban kuno suku maya, di mana sejarah bercerita bahwa suku maya merupakan suku yang paling dominan, cakupan wilayah suku maya mencakup seluruh yucatan peninsula, guatemala, dan sebagian dari negara meksiko tabasco dan chiapas.

Berdasarkan hasil riset dan berbagai artefak peninggalan mereka, diketahui bahwa suku maya paling tua hidup 1800 tahun sebelum masehi lalu, kemudian di sebut dengan periode preclassic atau formatif, di mana masyarakatnya sudah bertani, menanam jagung, kacang, singkong dan labu. Sementara periode classic diketahui mulai menggantikan periode preclassic sekitar tahun 250, di mana terdapat 40 kota yang menjadi wilayah kerajaan suku maya.

Cara hidup suku maya yang tergolong pintar, memegang peranan penting bagi keberlangsungan hidup suku mereka hingga hari ini.

Sebagian dari anda barangkali sudah pernah mendengar suku maya melakukan ritual ekstrim berupa pengorbanan darah manusia, yang dipersembahkan untuk para dewa, biasanya korban yang dijadikan persembahan adalah anak-anak.

Namun ada pula cerita yang mengatakan bahwa selain anak-anak, suku maya juga kerap mengorbankan darah para tawanan mereka dengan cara yang menakutkan, menurut kepercayaan yang mereka anut, persembahan darah akan membawa keberkahan dan menghindarkan mereka dari bencana.

Ritual pengorbanan darah hingga kini masih terus dilakukan, tapi jangan khawatir, alih-alih menggunakan darah manusia, suku maya zaman sekarang menggunakan darah ayam sebagai pengorbanan. Uniknya, sekarang ritual pengorbanan suku maya, menjadi objek wisata yang cukup menarik minat wisatawan dari berbagai negara.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: