Soto sore, unik dengan mangkok soto ukuran mini pemikat pelanggan

Pecinta kuliner di Karanganyar sudah cukup banyak yang mengenal kuliner soto di Karanganyar yang satu ini, Soto Sore. Lokasinya berada di jalan raya Solo- Tawangmangu, KM 7, Jaten, Karanganyar.

Kalau dari arah barat (Solo), warung soto sore berada di sisi selatan jalan raya Solo-Tawangmangu sehingga pengunjung harus maju sekitar 50 meter untuk belok kanan dan menyeberang kearah selatan menuju soto sore.

Bahkan keberadaan Soto Sore juga cukup terkenal di kawasan Soloraya serta perbatasan Jawa  Timur dan Jawa Tengah seperti Magetan .

“Pelanggan Soto Sore banyak juga yang berasal dari Magetan. Tiap kali mau ke Solo, mereka mampir kesini (Soto Sore),” kata pemilik Soto Sore, Susilatri saat ditemui Soloraya.com, Rabu (17/8) malam.

Ditanya apakah ada resep tersendiri untuk memasak Soto Sore, diakui pemillik Soto Sore yang sering dipanggil Mbak Ida itu memang ada resep khusus.

Selain menggunakan resep khusus, Ida berusaha untuk menyajikan soto sore berbeda dengan soto-soto umumnya.

Jika soto pada umumnya disajikan menggunakan mangkok dengan ukuran yang cukup besar, maka Soto Sore yang disajikan Ida menggunakan mangkok berukuran mini yang besarnya bahkan bisa tiga kali lebih kecil dari mangkok soto biasanya.

Penggunaan mangkok mini untuk menjadi tempat penyajian soto racikan Ida dimaksudkan agar pembeli tertarik sehingga bisa ‘nambah’ soto lagi.

Inilah ide dari Ida yang akhirnya mampu membuat usaha Soto Sore yang dikelolanya bisa berjalan hingga sembilan tahun saat ini.

Wadah soto yang lain dari pada yang lain inilah yang sering membuat pembeli merasa penasaran. “Mereka biasanya mengatakan,”sotonya lain”. Lain seperti apa? Saya kurang tahu. Mungkin karena mangkoknya yang kecil,” kata Ida.

Tentang pemberian nama Soto Sore ini, Ida mengungkapkan awalnya ia ingin membuat nama warung makan soto yang ia dirikan dengan nama yang belum pernah dipakai pelaku usaha soto lainnya. Maka jadilah nama Soto Sore.

“Artinya warung soto yang buka di sore hari. Biasanya kan kalau warung soto buka di pagi hari,” terang Ida.

Selain istimewa dalam hal penyajian dengan menggunakan mangkok mini. Racikan soto Sore yang dibuat Ida juga cukup berbeda dengan pemilik warung soto umumnya, yaitu hanya menjual soto daging sapi saja.

Tampilan soto daging sapi ini diperindah dengan yang Ida sebut sebagai “hiasan” beruba taburan, bawang,brambang,  tomat, juga tauge agar terlihat “cantik”. Saat pertama kali soto terindera oleh lidah, rasa enak langsung menyergap.

Maka banyak pembeli soto sore yang merasa kurang kalau hanya membeli satu porsi saja. Banyak pembeli yang menambah membeli satu hingga dua porsi soto sore. Popularitas soto sore pun bisa dibilang luar biasa.

Hal ini bisa dilihat dari sebanyak 500 mangkok soto sore bisa habis terjual pada saat hari-hari biasa penjualan. Jumlah itu sudah tentu makin bertambah banyak jika dijual pada hari libur. Soto sore sudah mulai buka pada puku 14.30 hingga 21.30 WIB.

Soto sore menjadi bagian dari kuliner malam hari Soloraya yang layak untuk diburu oleh pecinta kuliner malam di Soloraya.

Apalagi harga satu porsi soto daging sapi di soto sore dihargai cukup murah, Rp 4.000,00. Untuk minumannya cukup banyak memiliki variasi mulai dari teh, jeruk, jahe hingga minuman modern dengan harga bervariasi mulai dari Rp 2.000,00.

Soto Sore

Menu soto daging sapi yang khas dari warung soto sore. (Soloraya.com)

Makanan pendamping soto daging sapi di soto sore ini adalah berbagai macam gorengan non daging dan gorengan daging yang harganya mulai dari Rp. 1000,00.

Makanan pendukung yang cukup favorit dibeli pelanggan adalah tahu isi daging yang ukurannya dua kali besarnya tahu isi biasanya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: