Warung Mat-matan Pak Item, Kuliner malam favorit di Solobaru

Cukup banyak kuliner tradisional berada di kawasan Solobaru, Sukoharjo. Salah satunya adalah Wedangan Mat-matan Pak Item yang lokasinya di bagian timur kawasan Solobaru, Grogol, Sukoharjo. Tepatnya di sisi tengah ruko-ruko di sisi timur kawasan Solobaru yang menghadap ke arah selatan. Dari arah Patung Pandawa Solobaru, Wedangan Mat-matan Pak Item sekitar setengah kilometer ke arah timur.

Pemilik wedangan Mat-matan Pak Item ini adalah Joko Suripto yang memiliki panggilan populer Pak Item yang telah membuka warung ini sejak 30 Oktober 1998. Diakui Pak Item, dari awal buka hingga saat ini, menu yang disajikan kepada pembeli tetap sama yaitu menu-menu  makanan dan minuman tradisional.

Namun begitu, menu makanan dan minuman yang dijual Pak Item terus mengalami penambahan variasi mulai dari menu nasi, minuman juga gorengannya. Menu nasi yang disajikan di warung Pak Item ini adalah nasi bandeng, nasi oseng tempe, nasi oseng soon juga nasi goreng.

Untuk menu mie ada dua varian yaitu bakmi dan mihun.Untuk bakmi divariasi menjadi bakmi goreng dan bakmi rebus. Demikian pula dengan mihun yang dimasak dengan digoreng serta direbus.

Menu nasi bandeng dihargai Rp 4.000,00. Sedang untuk nasi goreng satu porsi mencapai harga Rp 8.000,00. Sementara untuk satu porsi mie goreng berharga Rp 7.000,00 sama dengan  harga satu porsi mie rebus.

Untuk harga bihun goreng Rp 7.500,00 untuk satu porsi sedang bihun rebus seharga Rp 7.000,00 untuk satu porsi. Menu makanan lainnya adalah ayam goreng dan ayam bakar, burung puyuh serta burung dara. Satu porsi daging puyuh dihargai Rp 7.000,00 dan Rp 24.000,00 untuk daging burung dara.

Sebagai pendukung nasi di warung Pak Item ini disediakan berbagai macam menu gorengan yang harganya Rp 750,00 per satu gorengan.

“Gorengannya macam-macam ada mendoan, tahu isi, bakwan, risoles,dll,” kata Pak Item kepada Soloraya.com, Selasa (16/8).

Selain itu juga ada variasi gorengan lainnya yaitu dalam rupa sate serba ayam seperti kulit, usus, empal, ceker, jantung, juga kepala ayam.

Pokoknya seluruh bagian tubuh dari ayam bisa dibuat jadi menu sate goreng atau saat di warung bisa juga jadi menu sate yang dibakar, tergantung keinginan pembeli.

Pak Item_menu

Menu minuman Warung Mat-matan Pak Item. (Soloraya.com)

Minuman

Di warung  Pak Item ini, ada 40 variasi minuman yang disajikan kepada pembeli mulai dari varian teh, jeruk, tap, susu hingga soda gembira, pink panther, lemon squash.

Varian minuman jahe di Warung Pak Item Solobaru ini cukup banyak seperti kopi jahe, susu jahe, teh jahe, coklat jahe, jahe kopi gula jawa serta jahe jeruk kencur. Beragam variasi minuman jahe ini dijual dengan harga RP 5.000,00 kecuali susu jahe yang dihargai Rp 4.000,00.

Menurut Pak Item menu minuman yang sering dipesan pembeli adalah soda gembira yang harganya Rp 7.000,00. Lemon Squash dihargai Rp 8.000,00. Sedang pink panther  yang berisi campuran antara lemon, sirup dan minuman bersoda Sprite dijual dengan harga Rp 5.000,00.

Warung Pak Item bisa disebut memiliki popularitas cukup tinggi. Menurut Pak Item, sejumlah pejabat mulai dari tingkat menteri hingga anggota DPR RI pernah menikmati menu makanan dan minuman yang disajikan di warung Pak Item.

Misalnya Menteri Pekerjaan Umum di era Presiden SBY yaitu Joko Kirmanto serta Sunarno, Menteri Pemukiman dan Prasarana Wilayah di jaman Presiden Megawati.

Selain itu juga ada Sumaryoto,anggota DPR RI empat periode juga beberapa kali datang ke warung Pak Item. “Dia paling suka pesan susu jahe,” kata Pak Item.

Selain pejabat, banyak juga public figure mulai dari artis hingga atlet nasional. Sejumlah artis dan kelompok musik ibu kota yang sudah merasakan menu makanan dan minuman Pak Item antara lain The Massive, Rudi Salam, Cagur, gogon, Kadir,Lamting serta Advent Bangun.

Selain itu mantan pebulu tangkis nasional, Icuk Sugiarto dan putranya Tommy Suharto yang juga pemain bulu tangkis nasional, juga pernah mampir ke warug Pak Item.

Menurut pengakuan Pak Item, artis Solo yang juga berkaliber nasional, Didi Kempot juga sering datang ke warungnya. “Lima hari yang lalu, Didi Kempot datang kesini. Dia sering kesini,” kata Pak Item.

Warung Pak Item, sangat layak menjadi tujuan wisata kuliner malam hari Soloraya karena menawarkan banyak menu makanan dan minuman serta gorengan yang bisa dipilih secara leluasa oleh para pembeli atau juga pelanggan.

Warung Item ini tidak pernah libur jika memang kondisi kesehatan Pak Item sebagai pemilik warung tidak memungkinkan untuk membuka warungnya. Pak Item hanya meliburkan warungnya pada satu Minggu setelah lebaran saja. Selain hari itu, buka tiap hari mulai dari pukul 17.30 hingga 00.00 WIB.

Pak Item

Menu makanan Warung Mat-matan Pak Item Solobaru. (Soloraya.com)

Berikut kreasi menu makanan dan wedangan Pak Item:

Nasi Bandeng

Nasi Oseng Tempe

Nasi Oseng Soon

Nasi Goreng

Bakmi Goreng/rebus

Mihun Goreng/rebus

Pisang Goreng (owol)

Roti bakar (tikar)

Jadah bakar (Apolo)

Tape bakar (Colenak)

Martabak

Risoles

Mie Swa

Lumpia

Sosil Solo

Tahu Bakso

Tahu susur

Tempe mendoan

Bakwan Sayur

Bakwan Jagung

Tempe penyet

Tahu penyet

Lele penyet

Ayam penyet

Minuman

The Poci Gula Batu

The Tubruk Gula Batu

Teh Saring

Teh Jahe

Teh Susu

The Kampul

Tape

Tape Jahe

Tape Susu

Tamarine Soda

Jahe Tuburk Gula Jawa

Jahe Kencur

Jahe kencur jeruk

Jeruk

Kopi Kapal Api

Kopi Nescafe

Kopi Jos

Kopi Jahe

Kopi Susu Jahe

Kopi Susu

Kunir Asem

KopiGinseng

Coklat

Coklat Jahe

Coffeemix

Cappucino

Coklat Jahe Tape

Susu

Susu Jahe

Sirup

Susu sirup

Susu coklat

Susu coklat jahe

Soda gembira

Beras kencur

Gula asem

Lemon tea

Lemon Squash

Nutrisari

Milo

Extra Jos

White Coffee

Wedang Uwuh

Pink Panther

Vosco Soda

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: