Dalam satu bulan, Warung Pak Item membutuhkan 3000 ekor burung puyuh dan 600 burung dara

Bagi pecinta makanan daging puyuh dan burung dara, bisa datang ke  Wedangan Mat-matan Pak Item atau populer dipanggil Pak Item yang berada di kawasan Solobaru, Grogol, Sukoharjo.

Pemilik Warung Pak Item, Joko Suripto, menu puyuh dan burung dara ini dibuat variasi menu goreng dan bakar untuk memenuhi keinginan pembeli.

Lalu berapa daging burung puyuh dan burung dara di warung Pak Item untuk kebutuhan setiap hari?

Menurut pengakuan Pak Item, Setiap hari ia memerlukan 100 ekor burung puyuh dan 20-30 burung dara. Jika kebutuhan harian dari burung puyuh mencapai 100 ekor dikali 30 hari maka dalam satu bulan, Warung Pak Item membutuhkan 3000 burung puyuh.

Sementara untuk kebutuhan burung dara dalam satu bulan,  Pak Item membutuhkan 400 hingga 600 burung dara untuk dimasak. Kebanyakan burung puyuh dan burung dara yang dibuat masakan oleh Pak Item adalah puyuh yang sudah tidak lagi bertelur (afkiran).

Untuk burung puyuh didapat dari pengepul (pemasok) yang datang dari Kerten, Kartasura. Sementara untuk burung daranya diperoleh dari pemasok dari Baki. Oleh Pak Item, burung puyuh dan burung dara ini disajikan dalam menu varian bakar dan goreng juga.

Harga satu porsi burung puyuh bakar ataupun goreng sebesar Rp 7.000,00 tanpa nasi. Sedang harga menu daging burung dara bakar maupun goreng tanpa nasi Rp 24.000,00.

Biasanya pelanggan Warung Pak Item meminta menu burung puyuh dan dara ini didampingi dengan nasi serta sate dan sambel lalapan.

Menu daging puyuh dan burung dara ini dimasak terlebih dahulu di rumah sudah beserta baceman. Ketika sudah di warung bisa digoreng atau dibakar sesuai keinginan pembeli.

Baceman adalah bumbu untuk memberi rasa nikmat pada daging puyuh atau dara ini yang berupa bumbu-bumbu masakan seperti garam, micin, mrica, dll.

Kalau pembeli meminta daging puyuh atau daranya dibakar, berarti nanti diberi tambahan baceman pemanis yang terbuat dari ketumbar, bawang merah, bawang putih, garam, gula  merah, serta asam Jawa.

Daging puyuh atau burung dara yang dibakar akan terasa lebih manis karena ada baceman khusus tadi itu. Saat Soloraya.com mengunjungi Warung Pak Item, Selasa (16/8) malam, daging burung dara sudah habis.

Pak Item_Puyuh

Daging puyuh di warung Pak Item. (Soloraya.com)

Di dukung oleh suasana warung yang temaram dan ditingkahi suasana malam Solobaru yang khas, memesan menu burung puyuh atau daging burung dara sangat cocok dilakukan oleh para pecinta kuliner malam Soloraya.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: