Ada apa saja di obyek wisata edukasi Soloraya yang satu ini

Salah satu tempat wisata edukasi di Soloraya adalah Museum Karst Indonesia yang berada di Pracimantoro, Wonogiri. Museum Karst Indonesia adalah wahana memamerkan segala hal tentang kawasan Karst seperti sejarah geologi, kehidupan pra sejarah, hingga kehidupan kawasan karst di jaman sekarang.

Lokasi Museum Karst Indonesia berada di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro,Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.Untuk sampai di Museum Karts di Pracimantoro ini, pengunjung harus melewati jarak hingga sekitar 45 km dari arah kotaWonogiri.

Jalan menuju Museum Karts dari arahWonogiri kota cukup bagus. Bus berukuran besar bisa masuk ke kawasan Museum Karts sejak dariWonogiri kota. Selain itu, Museum Karts memiliki area parkir yang luas.

Berdirinya Museum Karts di Pracimantoro, Wonogiri ini berawal dari ide untuk membangun Museum Karst yang muncul saat digelarnya Lokakarya Nasional Pengelolaan Kawasan Karst di KabupatenWonogiri yang diselenggarakan Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral pada tanggal 4-5 Agustus 2004 silam.

Kemudian berdasarkan kajian dan perencanaan yang dilakukan Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral dengan PemprovJawa Tengah (Jateng) serta PemkabWonogiri, maka mulailah dibangun Museum Karst Indonesia.

Hampir lima tahun dari ide awal pembangunan Museum Karst itu muncul, pada tanggal 30 Juni 2009, Museum Karst Indonesia diresmikan keberadaannya oleh Presiden RI saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono.

Meski sudah diresmikan keberadaannya pada pertengahan 2009, Museum Karst Indonesia baru mulai menerima kunjungan dari masyarakat umum pada tahun 2010.Mulai saat itulah, Museum Karst Indonesia dibuka selama enam hari dalam satu Minggu kecuali hari Jum’at.

Museum Karst Indonesia dibangun dengan konsep yang menggabungkan bangunan fisik serta lingkungan alam sekitar yang memang merepresentasikan kawasan Karst itu sendiri.  Konsep luar ruangan dari Musem Karst Indonesia ini menampilkan unsure kawasan Karst di luar bangunan agar mampu mendukung arti dan fungsi dari Museum Karst itu sendiri.

Kawasan luar ruang museum yang sekaligus menjadi museum alam merepresentasikan seluruh sistem karst yang ada di Gunung Sewu baik yang terletak di Kabupaten Gunungkidul (DIY), KabupatenWonogiri (Jawa Tengah) sertaKabupaten Pacitan (JawaTimur).

Di luar bangunan Museum Karst Indonesia, namun masih masuk kawasan museum, pengunjung museum bisa menikmati tujuh  situs goa serta luweng (lubang) antara lain Goa Tembus, Goa Gilap, Goa Potro (bunder), Goa Mrica,Goa Sodong serta LuwengSrapen.

Di bagian luar museum ini juga Pura Puncak Jagad Spiritual yang berada di bukit sebelah kiri Museum Karst yang menjadi tempat upacara Piodala Umat Hindu dari Bali yang setiap Juni yang mendatangi Museum Karst.

Bangunan Museum Karst Indonesia berdiri diatas lahan seluas 24,6hektar (ha). Museum Karst dibangun menyerupai piramida tiga lantai masing-masing lantai bawah yang bertema “Karst untukkehidupan”lalu lantai dua dengan tema “Karst untukPengetahuan” serta lantai ketiga digunakan sebagai ruang pertemuan dan pemutaran film mengenai karst.

Lantai satu museum berisi diorama sejarah bumi dengan kehidupan masa lalu kawasan karst serta pemanfaatan batuan karst untuk bahan baku produk industri di jaman modern.

Diorama ilmu pengetahuan karst menampilkan replika goa yang memiliki stalakmit dan stalagtit  yang menjadi tempat tinggal manusia prasejarah. Selain itu juga ada gambaran lengkap mengenai air dan tanah di kawasan karst.

Informasi lain mengenai kehidupan masa lalu dan sekarang juga ada di lantai satu museum ini, seperti keragaman flora dan fauna, kehidupan sosial budaya masa lalu dan kini, manusia prasejarah, replika temuan tulang dan tengkorak manusia masa lalu, kawasan karst di Kabupaten Wonogiri, kearifan lokal kawasan karst, tambang batuan gamping, dan konservasi kawasan karst.

Sedang di lantai dua menampilkan  peta sebaran karstdi  dunia, proses terjadinya bantuan gamping, terjadinya karst, batuan kalsit dan dolomit serta tipe hingga kawasan karst di Indonesia.

museum karst

Museum Karst Indonesia. (Soloraya.com)

Di lantai dua museum ini juga dihadirkan informasi mengenai contoh batuan karst, serta sejumlah maket mengenai goa serta diorama berupa audio visual tentang kawasan karst. Museum Karst Indonesia sangat memadai untuk dijadikan sebagai salah satu obyek wisata edukasi di Soloraya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: