Tempat-tempat wisata alam dan budaya di Kutai Kartanegara

Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur selain menjadi pusat bisnis juga menyuguhkan tempat wisata yang beragam. Bagi penggemar wisata alami, Kutai punya beberapa pilihan. Atau bila Anda lebih suka wisata budaya, Kutai juga kaya akan itu. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa dijumpai di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

ARSIP KOMPAS TV Dayu Hatmanti ikut bermain air dalam acara Belimbur pada Festival Erau di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

ARSIP KOMPAS TV
Dayu Hatmanti ikut bermain air dalam acara Belimbur pada Festival Erau di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Wisata alam

Kunjungan pertama, ayo kita ke daerah Samboja yang berjarak satu jam dari bandara. Atraksi di Samboja yang bisa Anda jumpai, pertama adalah pertunjukan satwa khas Kalimantan di konservasi orang utan dan satwa liar beruang madu.

Atau, Anda lebih memilih menyusuri Sungai Hitam di atas perahu. Di saat tengah membelah sungai, yang beruntung bisa saja bersua dengan bekantan yang sedang bercengkrama di pepohonan. Samboja juga mempunyai salah satu tujuan wisata alami, yaitu Bukit Bengkirai. di tempat ini, pengunjung dapat menaiki jembatan gantung yang berada di atas pohon dengan ketinggian 30 meter dengan panjang 60 meter.

Wisata budaya

ARRY KUSUMA/Museum Mulawarman di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

ARRY KUSUMA/Museum Mulawarman di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Usai dengan wisata alamnya, Anda bisa langsung ke Tenggarong, ibu kota Kutai Kartanegara. Di kota ini ada beberapa tempat bersejarah, antara lain museum Mulawarman, situs makam raja-raja, Suku Dayak di Pulau Kumala.

Selain mengenal lebih dekat budaya Suku Dayak, pengunjung pun dapat mendalami budaya Melayu Kutai di Tenggarong, melihat-lihat rumah adat yang dibuat dari kayu pohon jambu dan atap daun nipah.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: