Pasar Kliwonan Bekonang, pasar tradisional serba ada

Bagi sebagian masyarakat Soloraya, pasar Kliwonan yang berada di Pasar Bekonang menjadi tempat wisata yang sungguh menarik. Kliwonan merupakan “pasar” yang muncul setiap pasaran Jawa saat Kliwon.

Seperti diketahui, hari pasaran Jawa ada lima hari yaitu Pon, Wage, Kliwon, Legi, Pahing. Nah, pasar Kliwon di Pasar Bekonang munculnya setiap hari pasaran Kliwon datang. Jika pasaran Kliwon pas hari Kamis, maka sudah bisa dipastikan ribuan warga Soloraya akan mendatangi Pasar Bekonang pada hari Kami situ.

Kliwonan adalah tempat jual beli yang lokasinya berada di akses masuk belakang dan timur pasar Bekonang. Selain tumplek blek di sejumlah akses masuk Pasar Bekonang itu, para pedagang juga menggunakan jalan Desa Cangkol untuk menggelar barang dagangannya dan berinteraksi dengan pembeli.

Penelusuran Soloraya.com memperlihatkan, barang-barang kebutuhan pokok, sekunder maupun tersier rumah tangga/keluarga tersedia disini. Barang kebutuhan pokok yang dijual di Kliwonan Bekonang adalah pakaian mulai dari hem, jas,baju pendek, celana panjang,celana pendek, kaos.

Beberapa penjual kaos bola juga tidak kalah untuk memamerkan dagangannya dengan embel-embel obral dengan harga Rp 20.000,00.Termasuk juga pelengkap dari pakaian ini adalah sepatu, sandal, juga topi.

Untuk keperluan anak sekolah, banyak juga pedagang tas sekolah serta alat tulis-menulis serta lampu belajar. Selain itu juga dijual poster berisi pengetahuan dasar untuk anak-anak, buku pelajaran, selain tentu saja poster pemain bola dan musisi dalam dan luar negeri.

Selain itu,dijual juga alat-alat pertanian seperti cangkul,sabit, pisau ukurang besar dan kecil, dll. Alat-alat keperluan rumah tangga juga cukup banyak dijual di Kliwonan yaitu gelas dan piring plastik maupun kaca. Penjual peralatan kompor gas juga ada beberapa yang mengadu nasib di pasar Kliwonan.

Kliwonan_

Pasar Kliwonan Bekonang. (Soloraya.com)

Bagi pelaku usaha pertukangan kayu (pembuat furniture), di pasar Kliwonan ini juga tersedia berbagai alat pertukangan kayu mulai dari pasak kayu, gergaji, dll. Selain,itu juga ada orang yang menawarkan  menajamkan gergaji.

Barang-barang elektronik yang dijual di Kliwonan  tidak cukup banyak jenisnya, hanya radio dan tape saja. Sementara untuk televisi tidak terlihat penjualnya. Sedang untuk alat telekomunikasi, banyak diisi oleh pedagang handphone bekas android dan non android, bahkan ada juga pedagang khusus baterai handphone bekas.

Bagi pecinta musik dangdut dan campursari juga lagu pop masa lalu, di pasar Klliwonan ini cukup banyak pedagang cd dangdut, campursari, maupun lagu-lagu pop lawas. Terutama cd dangdut dan campursari, pembeli bisa memilih cukup banyak cd dari kelompok dangdut Jawa Tengah dan Timur serta cd campursari dari kelompok campursari di Soloraya.

Bagi Anda penggemar hewan, atau pelaku usaha peternakan, di pasar Kliwonan ini juga menjadi pusat jual beli hewan ternak mulai dari burung, ayam, bebek, hingga sapi bahkan kelinci. Cukup banyak pedagang ayam yang menjual ayam berbagai umur mulai dari anakan, sedang hingga jago dan babon.

Harga anakan ayam bervariasi mulai dari Rp 7.000,00 keatas. Sementara ayam ukuran sedang dihargai Rp 16.000,00. Sedang untuk ayam babon dihargai mulai dari Rp 120.000,00 keatas. Sementara untuk ayam jago dijual mulai harga Rp 220.000,00. Para penjual cukup berbaik hati untuk memberikan sedikit tawar menawar.

Selain itu, bagi pecinta tanaman hias atau kebun, bisa membeli berbagai  tanaman sayur-mayur atau untuk bahan masakan rumah seperti tomat, cabe, terong, dll. Sedang bagi masyarakat yang membutuhkan  bahan jamu tradisional asli, juga bisa datang ke Kliwonan pasar Bekonang untuk mendapatkan bahan mentahnya

Selain itu, juga ditawarkan terapi totok syaraf. Bagi penggemar otomotif, juga bisa datang ke Kliwonan Pasar Bekonang untuk mendapatkan onderdil sepeda motor  seperti yang dijual di pasar-pasar klithikan. Selain itu, juga ada penjual kacamata anti silau yang bisa mendukung pengendara motor saat di perjalanan. Demikian juga dengan helm berbagai ukuran anak-anak maupun orang dewasa.

Pokoknya, bagi masyarakat Soloraya juga luar Soloraya, tidak akan menyesal untuk berwisata sekaligus membeli barang-barang keperluan rumah tangga, atau pun untuk usaha level rumahan baik berupa usaha hewan maupun tanaman. Bahkan dagangan unik seperti kulit dan rangka tubuh ular pun di jual di pasar Kliwon.

Bagi Anda yang memiliki KTP/SIM atau tanda pengenal lain dari mika yang kondisinya rusak, bisa datang ke Pasar Kliwonan Bekonang untuk diperbaiki oleh “ahlinya” yang buka lapak di pasar ini. Demikian pula uang Anda yang rusak seperti sobek dan sejenisnya, juga bisa diperbaiki di pasar Kliwonan.

Jika Anda ingin mencari beragam keperluan masak, pakaian, sekolah, otomotif, jamu tradisional, peternakan, perkebunan skala kecil, olahraga, hiburan, silakan datang ke Kliwonan Pasar Bekonang. Tidak usah khawatir akan parkir dimana,karena tersedia cukup banyak tempat parkir yang lokasinya di depan rumah warga Desa Cangkol.

Kliwonan

Pasar Kliwonan Bekonang. (Soloraya.com)

Demikian juga pengunjung Kliwonan juga dengan mudah bisa memperoleh makanan dan minuman yang harganya terjangkau mulai dari nasi sayur, mie ayam, bakso juga tahu kupat. Anda juga bisa menikmati segarnya es dawet sehabis berkeliling melihat-lihat berbagai barang dagangan yang dipajang para pedagang mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul tengah hari itu.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: