Dam Colo, tempat wisata air potensial di Sukoharjo

Salah satu obyek wisata air yang berada di Kabupaten Sukoharjo (Soloraya) adalah dam Colo (Bendungan Colo) yang lokasinya ada di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Sukoharjo. Pengunjung yang ingin menikmati suasana dam Colo  bisa melewati jalan raya Solo-Wonogiri.

Kemudian pengunjung bisa membelokkan kendaraan kea rah kiri dari jalan raya sebelum melewati jembatan besar yang berada di perbatasan Sukoharjo-Wonogiri. Pengunjung bisa terus kearah timur, mengarahkan kendaraaannya hingga sekitar lima kilometer.

Dam Colo yang berupa bendungan dengan warga campuran hijau dan biru itu sudah terlihat dari jalan besar. Pengunjung kemudian bisa berbelok arah ke kanan mendekati bendungan. Bendungan yang dibuat pada jaman Belanda berkuasa di Indonesia ini memilik struktur yang kuat sekaligus menarik untuk dilihat.

Dam Colo memiliki enam pintu keluar air yang bisa dibilang sebagai pintu utama yang mengarah ke barat. Kemudian masih ada dua pintu air yang mengarah ke samping atau kearah utara. Fungsi dari dam Colo ini sebagai pembagi air irigasi untuk sejumlah kabupaten di wilayah Soloraya.

Air dari dam Colo yang mengarah ke arah barat, akan mengalirkan air untuk irigasi bagi lahan persawahan yang ada di Sukoharjo,Wonogiri dan Klaten. Sementara air irigasi yang mengarah keutara akan mengairi saluran irigasi pertanian Sukoharjo, Karanganyar serta Sragen.

Sejumlah titik di dam Colo ini sering dijadikan berfoto secara bersama-sama (Wefie) maupun sendiri-sendiri (selfie) antara lain di jembatan yang ada diatas pintu utama serta di sisi bawah bagian utara pintu air utama.

Di sisi utara bawah ini, para pengunjung bisa ber-wefie atau selfie dengan latar belakang gerojokan air dari atas bendungan di enam pintu utama bendungan. Dengan scene seperti ini, hasil selfie bisa terlihat sangat menarik.

Dam Colo

Dam Colo tampak dari  samping utara agak ke bawah. (Soloraya.com)

Seandainya, pengunjung merasa capai atau lelah, bisa sedikit berjalan ke arah timur bendungan untuk menikmati warung-warung tempat jualan makanan dan minuman menghilang lapar dan haus.

Makanan berupa bakso bakar dijual oleh beberapa pemilik warung makanan dan minuman di dam Colo ini. Untuk minumannya, cukup banyak tersedia minuman dalam bentuk sachet jadi tinggal meminta siempunya warung untuk membuatkan minuman dingin atau panas.

Di belakang warung-warung tersebut, ada lahan yang cukup luas berisi pepohonan cukup tinggi. Seandainya di titik ini,dibuat taman bermain, cukup memadai. Sayang oleh pengelola dam Colo, lokasi ini tidak dikelola dengan baik untuk tempat bermain bagi warga sekitar.

Dam Colo_

Dam Colo dilihat dari atas sisi kanan. (Soloraya.com)

Selain itu, dari dam Colo ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam berupa perbukitan di sisi selatan bendungan. Di sisi utara dam Colo, juga ada pepohonan cukup rindang yang bisa dijadikan tempat berteduh dari terik mata hari.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: