Tempat wisata Waduk Mulur, Permata yang tak kunjung diperhatikan

Salah satu potensi wisata perairan yang bila digarap lebih baik bisa menguntungkan banyak pihak adalah waduk Mulur yang berada di Kecamatan Mulur, Sukoharjo. Waduk Mulur yang berada di lokasi strategis di Kecamatan Bendosari ini sayangnya hingga saat ini, belum tersentuh pengelolaan.

Padahal Waduk Mulur menyimpan potensi tiga jenis wisata yaitu wisata air, wisata alam dan wisata “religi”. Wisata air tentu saja akan menjadi daya tarikpaling besar mengingat nama tempat wisata ini. Dengan sejumlah fasilitas seperti perahu, kapal boat, wisatawan bisa menikmati air Waduk Mulur hingga puas.

Sayangnya, yang ada saat ini,hanya beberapa perahu milik penduduk sekitar waduk yang keberadaannya juga tidak bisa dimanfaatkan dengan optimal. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat ternak ikan melalui karamba yang berada di sisi timur waduk.

Melihat Waduk Mulur, maka sangat mudah membayangkan bisa dikelola setidaknya menyerupai tempat wisata Waduk Gajah Mungkur yang menyediakan sarana kapal boat atau perahu yang bisa disewa wisatawan untuk bisa menikmati berinteraksi dengan air waduk hingga ke tengah-tengah waduk.

Waduk Mulur__

Area wisata alam Waduk Mulur. (Soloraya.com)

Selain wisata air, Waduk Mulur juga menyimpan potensi wisata alam berupa adanya tempat perkemahan atau juga bisa diatur menjadi tempat bermain seperti outbond dan lain-lain. Tempat untuk wisata alam itu berada di sisi timur Waduk Mulur yang tempatnya cukup luas dan penuh dengan pepohonan yang memberi kesejukan.

Selain itu, ada juga lapangan sepakbola yang juga bisa menjadi bagian dari wisata alam di Waduk Mulur ini.Untuk wisata “religi” di Waduk Mulur ini, berbentuk makam seorang pintar dari masa lalu yang posisinya berada disisi utara waduk.

Sebenarnya makam ini, berada di perairan waduk.Jika musim hujan, makam ini bisa terlihat berada di tengah-tengah perairan waduk.Tapi kalau musim kemarau, tempat makam ini bisa berada di pinggir perairan waduk.

Waduk Mulur

Waduk Mulur. (Soloraya.com)

Selain itu pendukung tempat wisata di Waduk Mulur bisa dibilang sudah tersedia.Misalnya tempat makan yang bisa dimanfaatkan pelancong untuk beristirahat sekaligus makan.Akses menuju Waduk Mulur juga mudah untuk dilewati karena berada dipinggir jalan utama Mulur kea rah Karanganyar.

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: