Seperti ini kuliner pecel gendar di pasar Dawung Kebakkramat

Pecel gendar menjadi salah satu favorit kuliner tradisional  karena memang memiliki banyak penggemar. Rasa gendar yang kenyal dan empuk dipadukan dengan bakmi dan sambal kacang serta hijau-hijauan, membuat penikmat pecel gendar jatuh cinta.

Dimana pun tempat pasar tradisional, pecel gendar cukup mendapat perhatian dari pembeli. Salah satunya pecel gendar pasar Dawung yang ada di Kebak Kramat, Karanganyar. Penjual pecel gendar di pasar Dawung adalah Ibu Sukiyem yang juga warga Dawung.

Sukiyem menyiapkan dan memasak pecel gendar racikan tangannya mulai pukul 02.00- hingga pukul 06.00 WIB pada saat sudah siap dibawa ke pasar Dawung yang hanya berjarak tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Olahan utama dari pecel gendar tentu sata makanan gendarnya. Sukiyem membuat gendar ini dari beras, serta sedikit bahan pengenyal nasi yang sering disebut dengan ‘bleng’ atau ‘cethithet’. Jika hari biasa Sukiyem bisa menghabiskan 2 kg beras untuk dijadikan gendar.

Untuk menjadikan gendar, beras dimasak terlebih sekitar 1 jam. Setelah itu baru dicampuri ‘bleng’ dengan cara diaduk jadi satu hingga beberapa lama sehingga terasa kenyal. Setelah gendar selesai dibuat, berikutnya juga dimasak olahan pendamping gendar yaitu pecel dan sambel pecel.

Untuk pecel ini, Sukiyem memasak sayur hijau seperti mingkir,mbayung, juga kacang panjang hijau.Selain itu, juga dimasak bunga turi yang warnanya putih beserta kelopaknya. Untuk sambal pecel khas pecel gendar, menggunakan menu sambel kacang yang memang pasangan dari pecel itu sendiri.

Dan tentu saja, tidak lupa,Sukiyem juga memasak bakmi Jawa hingga matang yang juga menjadi makanan pendamping bagi gendar selain sejumlah sayur hijau tadi.

Di pasar Dawung, Sukiyem menjual pecel gendarnya seharga Rp 2.000,00 untuk satu bungkus. Namun demikian Sukiyem juga melayani harga yang diinginkan pembeli yang kadang-kadang juga lebih banyak porsinya kadang lebih sedikit porsinya.

pecel gendar-

Pecel gendar di pasar Dawung. (Soloraya.com)

Di pasar Dawung, hanya Sukiyem yang menjual pecel gendar. Ia berjualan dari pukul 06.00 hingga pukul 08.00 di pasar yang berada di jalan Solo-Sragen Km.8 itu.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: