Jenang gendul dan jenang sumsum, jajanan lawasan di Pasar Bekonang

Salah satu kuliner jaman dulu yang masih dijual di pasar Bekonang saat ini adalah jenang (makanan Jawa dari dengan bahan pokoknya dari tepung dan beras. Di pasar Bekonang ini, setidaknya ada dua penjual jajanan pasar jenang yang lokasi jualannya ada di akses masuk pasar sisi barat.

Salah satu penjual jajanan jenang adalah Ibu Ngatini, 51, asal Gentan, Sukoharjo. Ibu Ngatini  menjual jenang gendul, jenang sumsum dengan harga minimal Rp 2.000,00. Jenang gendul sendiri dibuat dari tepung, gula merah, ketan hitam, mutiara serta santen yang dijadikan satu setelah dimasak matang-matang.

Sedang jenang sumsum bahan olahannya sama dengan jenang gendul minus rebusan santen.  Warna jenang sumsum putih. Sedang warna jenang gendul berwarna agak kecokklatan karena campuran gura merah, serta santen.

Lama proses memasak semua bahan ini hingga siap untuk dibawa ke pasar sekitar 2 jam. Selain menjual  jenang gendul dan jenang sumsum, Pembeli langganan Bu Ngatini juga sering hanya membeli mutiara, dan ketan hitamnya saja.

Jenang gendul

Jenang gendul dan jenang sumsum di pasar Bekonang. (Soloraya.com)

Harganya pun menyesuaikan keinginan pembeli. Bisa Rp 2.000,00. Bisa juga Rp 1.500,00. Keberadaan jenang gendul dan jenang sumsum yang dilestarikan Bu Ngatini merupakan ‘warisan’ ibunya yang bernama Mursinah yangsudah berjualan jenang sumsum dan jenang gendul di pasar Bekonang hingga 30 tahun lamanya.

Ramai pembeli jajanan jenang yang dijual Bu Ngatini biasanya terjadi pada Minggu. Sedang hari-hari biasanya kadang juga banyak pembeli kadang sepi. Bu Ngatini mulai jualan jajanan jenang ini sejak pukul 05.00 hingga sekitar jam 10.00.

jenang gendul_

jenang gendul di pasar Bekonang. (Soloraya.com)

“Kalau Minggu saya bisa bawa jenang tiga kali lipatnya hari biasa seperti hari ini,” kata Bu Ngatini kepada Soloraya.com, Rabu (9/8).

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: