Bukan sekadar minuman, di Cina teh jadi tradisi yang menarik bagi wisatawan

Teh termasuk salah satu minuman yang populer, meskipun di indonesia teh jadi minuman rumahan yang mudah ditemukan dan murah, tapi lain halnya di beberapa negara, sebab di sana, teh sudah menjadi budaya dan menggambarkan status sosial dan kepribadian sebuah bangsa.

Saking populernya, ada teh yang dijual puluhan juta per onsnya, wah, bandingkan dengan kondisi di tanah air, teh di sini dijual murah, ya pantas dong, kualitasnya kan juga berbeda.

Balik lagi ke budaya minum teh, sederhananya, budaya minum teh diartikan sebagai cara membuat teh dan juga cara meminumnya, tak hanya itu, di dalamnya juga terkandung cara orang berinteraksi dengan teh yang bisa sangat beragam di berbagai negara.

Setelah membahas upacara dan tradisi minum teh di di beberapa negara (Jepang dan Rusia), tak lengkap rasanya jika tidak melihat bagaimana upacara minum teh di tempat asal teh itu sendiri yaitu Cina. Karena teh di Cina sudah jadi simbol negara, maka tak heran jika di sana dapat ditemukan dengan mudah toko-toko yang menyajikan teh sebagai menu utama. orang Cina sangat memperhatikan rasa dan aroma, sehingga mereka hanya akan mampir ke toko terbaik, tidak hanya dari segi aroma dan rasa tetapi juga cara penyajiannya.

Tea-Ceremony-e1361197728839

Upacara minum teh di Cina selalu menjadi kegiatan yang penting dan sakral, orang-orang di sana memperlakukan teh seperti layaknya makanan, persiapannya harus matang dan tempatnya harus nyaman.
DSC_6690

Seperti upacara di jepang, di Cina penyajian teh juga dilakukan dengan cara yang unik dan melibatkan banyak proses serta alat. dalam tradisi minum teh di Cina, ada dua kendi besar yang digunakan, 1 mangkuk berukuran sedang, 1 cangkir penuang dan beberapa cangkir untuk meminum teh.

Kendi yang paling besar berisi air yang dipanaskan dengan menggunakan arang, biasanya terbuat dari tanah liat, orang Cina membuat teh secara bersama-sama, tetapi dalam upacaranya hanya dipersiapkan oleh satu orang yang sudah mengerti seninya.

chinese-tea-ceremony-method-6

Daun teh dimasukkan ke dalam poci berukuran sedang hingga menutupi lingkaran dasar poci, poci ini juga terbuat dari tanah liat berpori rapat sehingga ketika dituangi air, lambat laun poci akan menjadi kering kembali. Poci lalu diletakkan di atas mangkuk yang lebih besar dan dituangi air mendidih hingga luber. air yang luber akan tertampung di dalam mangkuk tersebut dan poci ditutup selama dua menit.

Setelah itu air teh dituang ke dalam gelas lalu dipindahkan ke mangkuk, selanjutnya tamu dipersilahkan untuk menghirup aroma teh dari gelas sebagai tanda penghormatan kepada tuan rumah. terakhir barulah teh bisa dinikmati. Proses yang ribet, tapi upacara minum teh di Cina ini jadi daya tarik wisata lho.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: