Tradisi minum teh di Jepang yang kerap jadi daya tarik wisata

Jika di Rusia upacara minum tehnya sederhana dan tidak formal, lain halnya dengan upacara minum teh di Jepang.
teh dikenal di jepang sekitar abad ke 12, teh konon menjadi minuman paling disukai oleh kaisar dan hanya ditemukan di kalangan istana selain sake.

Upacara minum teh di jepang pertama kali di perkenalkan oleh Sen No Rikyu pada abad ke 16, rangkaian upacaranya cukup rumit, para tamu biasanya akan melewati sejumlah kegiatan yang sudah diatur oleh tuan rumah. Upacara minum teh di jepang dibagi menjadi dua kegiatan, yang pertama adalah kegiatan persiapan di mana biasanya para tamu akan diantar ke ruang tunggu, dan melihat-lihat taman yang ada di sekitar properti tuan rumah.

Kegiatan kedua merupakan kegiatan inti yang biasa disebut Chanoyu atau sado, di mana para tamu akan disuguhkan rangakaian upacara pembuatan teh yang diperagakan oleh peraga yang biasanya mengenakan pakaian tradisional jepang.

ceremony-guests

Teh disiapkan secara khusus oleh orang yang telah terlatih seni upacara minum teh jepang, dan dinikmati oleh sekelompok tamu di ruangan khusus yang disebut chashitsu. tuan rumah bertanggung jawab mempersiapkan tempat yang menyenangkan untuk tamu misalnya memilih lukisan dinding atau kakejiku, bunga (chabana) dan mangkuk keramik yang sesuai dengan musim dan status tamu yang diundang.

Peragaan ini melibatkan sejumlah gerakan dan juga urutan yang sudah diatur sehingga hampir semua peraga dalam upacara serupa melakukan urutan gerakan yang sama. Setiap gerakan dalam upacara sado dilakukan dengan ritme yang sangat lambat, teratur dan peraga diharuskan untuk selalu memberikan hormat dengan cara membungkukkan bada setiap kali berganti urutan.

Prosesi upacara ini bisa berlangsung hingga 4 jam lamanya, tapi teh yang disajikan merupakan teh berkualitas tinggi, sehingga pengorbanan waktu dan tenaga akan sepadan dengan rasa nikmat seduhan teh dari peraga. Tradisi upacara minum teh di jepang ini sampai sekarang masih terus dilakukan, bahkan menjadi salah satu mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah jepang.

Di jepang sendiri ada teh yang dijual dengan harga yang sangat mahal, yaitu teh gyokuro. teh ini sangat populer di jepang dan juga di berbagai negara eropa, dikarenakan rasa dan aromanya yang khas dan dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang tak ditemukan di minuman lainnya.

Nah, jika anda ingin berkunjung ke jepang, sempatkan ya untuk mengikuti tur upacara minum teh di sana, tapi jangan lupa bahwa upacara ini khusus untuk orang yang sabar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: