Mengenal budaya minum teh di Rusia

Teh aslinya berasal dari cina, tapi bukan berarti di negara eropa seperti rusia tidak bisa ditemukan. orang rusia pertama kali mengenal teh di abad ke 15, saat itu seorang penjelajah ternama rusia bernama afanasiy nikitin yang membawa racikan daun teh dari india ke rusia. namun dibutuhkan waktu yang sangat panjang untuk menjadi populer seperti sekarang ini. apalagi saat itu masyarakat rusia sudah memiliki minuman khas mereka sendiri.

Meskipun sama-sama teh, tapi tradisi dan budaya di sana berbeda dengan cina yang menjadi asal muasal teh. tradisi minum teh di rusia banyak dipengaruhi oleh budaya barat.

Jika di cina orang biasa menikmati teh sambil duduk manis, di rusia justru dinikmati sambil berdiri, tapi tetap ada kok orang rusia yang menikmatinya sambil duduk.

Salah satu ciri khas upacara minum teh di rusia adalah penggunaan ketel bernama samovar, bentuknya hampir serupa dengan ketelnya orang mongol, tetapi ornamen samovar terlihat mendapat sentuhan eropa sehingga terkesan lebih modern dan berwarna.

foundily-tea-10

Dahulu kala, samovar digunakan untuk membuat minuman rempah dan madu, namun seiring popularitas teh di sana, samovar kemudian digunakan untuk menyeduh teh. tak seperti budaya eropa, samovar dipanaskan dengan menggunakan tungku dan arang tradisional.

Samovar mempunyai ukuran yang beragam, tapi bentuk secara umumny hampir sama, di mana jika diperhatikan bentuknya mirip dengan kendi namun terbuat dari logam. bagian atas samovar berukuran lebih kecil hingga ke leher dan makin membesar di bagian bawah. di salah satu bagian utama samovar terdapat pipa dan kran untuk mengeluarkan teh ke zavarka atau poci teh.

tea

Saat ini bentuk dasar samovar kurang lebih sama, tapi teknik pemanasannya sudah mulai berbeda, untuk kemudahan, sekarang samovar dipanaskan menggunakan kompor. Tradisi minum teh di rusia saat musim panas sedikit berbeda dari biasanya, samovar akan ditempatkan di sebuah meja taman lalu dipasang sebuah cerobong agar asap dan uap air mendidik bisa keluar dengan sempurna, kemudian samovar di bawa ke dalam untuk dinikmati bersama keluarga dan tamu.

Sedangkan di musim dingin, samovar akan diletakkan di dalam ruangan. untuk mengeluarkan teh dari samovar dipasang pipa yang diarahkan keluar rumah agar dapat dinikmati.

Uniknya, orang rusia menikmati teh dengan cara menuangkannya ke dalam zavarka, lalu menambahkan satu sendok selai atau gula putih, lalu ditetesi air lemon dan diminum, biasanya ditemani dengan roti dan makanan ringan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: