Berkunjung ke Cina, jangan lupa mampir dan melihat ukiran terpanjang di dunia ini

Furniture selanjutnya yang mengguncang dunia adalah sebuah ukiran yang dinobatkan sebagai ukiran kayu terpanjang di dunia yang dibuat oleh seorang seniman asal negeri tirai bambu, Cina bernama Zheng Chunhui.

Cina memang dikenal sebagai negara yang memiliki catatan sejarah yang panjang khususnya dalam seni ukir kayu, para ahli seni pahat cina sudah banyak menghasilkan karya pahatan yang luar biasa menakjubkan dan masih jadi perhatian dunia hingga hari ini.

twistedsifter.com

twistedsifter.com

Chen chunhui meneruskan tradisi tersebut dengan memamerkan karyanya berupa pahatan sepanjang 12 meter, wow, untuk bisa menyelesaikan karya ini, zheng menghabiskan waktu yang tak sebentar lho, empat tahun lamanya zheng merubah sebuah kayu berukuran raksasa dan dengan panjang yang lebih dari biasanya menjadi sebuah seni pahatan bernilai seni yang pastinya juga bernilai jual tinggi.

twistedsifter.com

twistedsifter.com

Pahatan yang dibuat oleh zhen menceritakan kehidupan rakyat cina di festival qingming, lengkap dengan miniatur orang, rumah, pohon, jalan, pasar, jembatan, sungai dan objek benda-benda lain yang barangkali muncul di benaknya saat memahat.

twistedsifter.com

twistedsifter.com

Hebatnya, setiap objek yang ia hadirkan di dalam pahatan benar-benar menyerupai bentuk yang sebenarnya, sehingga tak ubahnya sebuah foto tiga dimensi, namun dengan warna yang lebih pucat tentunya. Tak hanya berupa pahatan objek, ukiran zhen juga mempunyai jalan cerita di mana setiap bagian menggambarkan perjalanan generasi selama 1000 tahun di cina.

Atas karyanya ini, zheng banyak mendapatkan pujian dari sejumlah pihak, bahkan karya pahatan zheng dinobatkan sebagai ukiran kayu terpanjang di dunia oleh guinness book of record, dengan catatan selengkapnya panjang 12,2 meter, lebar 3 meter dan tingggi 2,4 meter.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: