Bakso Gandem Marem Palur, Berjaya di era 90-an. Riwayatnya kini

Salah satu warung bakso yang ada di pasar Palur ternyata adalah warung bakso Gandem Marem. Di era 90-an, bakso Gandem Marem begitu popular.pada masa itu, ibarat kata” Kalau pergi ke Palurkalau belum ke warung bakso Gandem Marem belum lengkap.

Menurut Supriyanto, anak pertama dari pemilik pertama, pedagang bakso yang melahirkan bakso Gandem Marem dimunculkan oleh ayahnya itu sekitar tahun 1980-an. Pada saat itu,ayah Supriyanto berjualan bakso Gandem Marem di Jakarta.

Kemudian, pada tahun 1990-an Pak Cip pulang ke Wonogiri. Setelah itu, ia mencari tempat untuk berjualan bakso Gandem Maret Di era tahun 1990-an, warung bakso Gandem Marem , hiingga akhirnya menemukan wilayah pasar Palur untuk dijadikan tempat jualan bakso Gandem Marem.

Dulu punya 11 cabang,” kata Supriyanto kepada Soloraya.com,Sabtu (6/8). Keistimewaaan bakso Gandem Marem menurut Supriyanto adalah ukuran baksonya yang sangat besar. Orang-orang yang memakan bakso buatan pak Cip merasa senang (marem,Jawa) karena bakso yang ukurannya besar dan rasanya enak (gandem, Jawa).

Masa jaya bakso Gandem Marem mulai redup pasca reformasi yang ditandai dengan situasi ekonomi yang sulit. Sekarang dari belasan cabang bakso Gandem Marem, menurut Supriyanto, tinggal tiga cabang yang tersisa yaitu di pasar Palur, pasar Tasikmadu dan Solo Baru.

Cabang yang di Solo Baru yang pegang(mengelola) adik saya. Yang di Tasikmadu saya yang pegang,” kata Supriyanto.

Warung Bakso Gandem Marem di pasar Palur menyediakan bakso, mie ayam serta mie ayam bakso (mie so). Bakso Gandem Marem satu porsi dihargai Rp 10 ribu. Harga satu porsi mieso Rp 12.500,00 sedang harga mie ayam Rp 7.000,00.

2016-08-06 08.54.29

Warung bakso Gandem Marem pasar Palur. (Soloraya.c0m)

Bakso Gandem Marem di pasar Palur buka dari jam 06.00-16.00 WIB. Pembeli masih cukup banyak yang dating, apalagi pada Sabtu-Minggu atau pada saat tanggal muda.” Tapi memang sudah tidak seramai dulu,” kata Supriyanto.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: