Kementrian Pariwisata rilis 10 kuliner Solo langganan Presiden Jokowi

Kementrian Pariwisata (Kemenpar) baru saja mengeluarkan informasi mengenai sepuluh (10) kuliner yang ada di kota Solo yang sering disambangi Presiden Jokowi.

Kemenpar menilai 10 kuliner langganan Presiden itu menjadi kuliner paling khas di kota Solo.

Dalam keterangan resminya, Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya mengatakan, 10 kuliner khas kota Solo tersebut sudah dibuat turun temurun dengan mengandalkan komposisi bumbu, lama memasak, besarnya api, alat masak juga tingkat kematangan.

“Semua itu diatur dengan rasa, tidak hanya dengan pikiran,” kata Arief Yahya. Berikut 10 warung kuliner Solo yang jadi langganan Presiden Jokowi:

1.Bakmi Jawa Radjiman

Warung bakmi Jawa satu ini juga menyediakan berbagai masakan khas lain seperti bestik Solo, nasi mawut dan lain-lain. Nasi mawut berisi nasi dan mie dicampur secara ‘mawut’ jadi kesatuan rasa yang khas.

Bakmi Jawa Radjiman berada di jalan dr. Radjiman, atau tepatnya berada di seberang Masjid Fatimah, Solo.

2.Gudeg Ceker Mba Yus

Bila mampir ke seini, selain ceker ayamnya, tahu gorengnya juga sangat maknyus. Lokasinya ada di Seberang Keraton Mangkunegaran, Solo.

3.Nasi Liwet Bu Sarmi

Kuliner berupa Nasn liwet merupakan sajian kuliner khas dari Solo. Warung nasi liwet yang beberapa kali disambangi Presiden Jokowi adalah warung milik Bu Sarmi ini yang beralamat di sekitar jalan Lojiwetan, Sangkrah,Solo.

  1. Nasi Pecel Grogol

Warung pecel satu ini berlokasi di sekitar jalan Grogol, Sukoharjo. Nasi Pecel Grogol memiliki sajian sop matahari khas Solo yang mampu mengingatkan kenangan masa lalu para penikmat nasi pecel Grogol ini.

  1. Nasi Soto Ayam Gading

Nasi Soto Ayam Gading beralamat di Jalan Gading Kidul, sisi selatan Alun-Alun Selatan Kota Solo. Warung soto ayam langganan Presiden Jokowi memiliki soto ayam yang rasanya istimewa serta teh panas legi dan kental (nasgitel) yang luar biasa.

  1. Rujak Cingur Prabu

Warung rujak cingur Prabu ini berlokasi di sekitar jalan Sutan Syahrir atau jalan Widuran Solo. Rasa lotek dan gado-gado di warung ini jauh lebih luar biasa ketimbang nama warungnya sendiri.

  1. Sate kambing Hj. Bejo

Warung sate kambing Hj. Bejo ini menjadi salah satu warung kuliner langganan Presiden Jokowi bahkan sejak menjadi Wali kota Solo. Sate Buntel menjadi makanan favorit di warung sate kambing Hj. Bejo yang berada di jalan Lojiwetan, Sangkrah, Solo.

  1. Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo yang merupakan “fresh-salad” ala Solo berada di sekitar Jalan Veteran, Solo.

Mbak Lies

Selat Solo Mbak Lies. (laughonthefloor.com)

  1. Timlo Sastro

Di warung Timlo Sastro ini tersedia makanan khas asli Solo yang menyajikan sosis goreng, telor ayam kecap dan jeroan ati ampela ayam yang lezat. Warung Timlo Sastro berada di Jl. Kapten Mulyadi, atau berada di belakang Pasar Gedhe, Solo.

  1. Tahu Kupat Solichin

Kuliner ini adalah sajian khas tahu dan kupat dengan kuah kecap kental. Pecinta kuliner yang sedang atau berasal dari Solo bisa menikmati sajian khas tahun dan kupat Solichin di Jl Gajah Mada, atau di sebelah Masjid Solichin, Solo.

 

Sumber: Solopos.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: