Ini plus minus penataan transportasi kota Solo menurut Kementrian Perhubungan

Penataan rekayasa lalu lintas di kota Surakarta mendapat apresiasi tim Kementrian Perhubungan (Kemenhub) sehingga hal tersebut menjadi nilai positif bagi kota Surakarta sehingga berpeluang meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Kencana.

Ketua Penilaian WTN, Edy Suprasetio, mengatakan kota Solo berpeluang meraih penghargaan WTN untuk kali ke sepuluh. Tahun ini, kota Solo masuk dalam daftar calon penerima penghargaan WTN tahun ini.

Edy Suprasetio menilai sistem manajemen rekayasa lalu lintas yang diterapkan Pemkot Solo sudah baik. Selain itu, Pemkot Solo juga melakukan inovasi dalam bidang transportasi. Walau juga harus diakui, masih ada sejumlah catatan seperti kondisi angkutan umum yang perlu peremajaan.

Namun ditambahkan Endy, Pemkot Solo sudah memiliki rencana peremajaan transportasi dengan menggunakan cara membentuk konsorsium pengusaha angkuta didalam wadah koperasi Batik Solo Trans (BST).

Dengan koperasi ini, perbaruan angkutan dengan penambahan fasilitas yang nyaman bisa dilakukan. Catatan yang lain terkait pengelolaan transportasi di kota Solo adalah persoalan rambu lalu lintas di jalan raya yang tertutup pohon serta lahan parkir yang masih terbatas.

Untuk masalah lahan parkir, menurut Endy, Pemkot sudah berencana membangun gedung parkir bertingkat yang berada di lima lokasi secara bertahap. Pihak tim WTN juga mengapresiasi sejumlah hal positif dari pengelolaan transportasi di kota Solo.

Lalin Slamet Riyadi

Lalin Slamet Riyadi. 

Antara lain pembangunan transportasi massal intermodal seperti pembangunan jembatan penghubung Terminal Tirtonadi dengan Stasiun Solo Balapan. Juga rencana pembangunan jalur penghubung stasiun terminal menuju bandara Adi Soemarmo. Tim WTN juga menaruh apresiasi dengan tetap dipertahankannya keberadaan transportasi tradisional seperti becak dan bendi.

Sumber: Solopos.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: