2 Jembatan terunik yang terbentuk oleh alam

Selain jembatan dengan ukuran panjang yang luar biasa, ada lagi beberapa jembatan unik karena terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Hebatnya, meskipun tercipta secara alami ukuran jembatan ini tak bisa dianggap remeh.

yang pertama adalah:

Landscape arch

Landscape arch merupakan jembatan alami yang tercipta secara alami dan sampai sekarang belum ada teori akurat yang bisa menjelaskan bagaimana awal mula terciptanya jembatan ini. Jembatan alami ini bisa ditemukan di taman nasional arches, utah, amerika serikat.

Landscape arch

Jembatan ini berbentuk melengkung setengah lingkaran dengan lobar besar menganga di antara dua dinding tebing sehingga menciptakan batuan di atasnya yang menyerupai jembatan. tapi aslinya jembatan ini tidak digunakan oleh manusia untuk lalu lalang baik itu berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan seperti jembatan pada umumnya.

Konon jembatan ini jauh lebih tua dan hampir mendekati siklus hidup makhluk hidup yang terakhir, itu mungkin yang menjadi sebab tak ada yang tahu mulai terbentuknya jembatan ini. karena terbentuk dari berbatuan, landscape arch cenderung semakin menipis, di salah satu bagian lengkungannya hanya setebal 6 kaki dengan rentang batu mencapai 290 meter, sehingga beban batu yang terlalu berat dapat mengakibatkan jembatan ini runtuh sewaktu-waktu.

Karena tingkat bahaya yang tersimpan, tak seorangpun boleh mendekati areal jembatan ini tanpa ijin khusus. tercatat sejak tahun 1991, jembatan alami ini mulai mengalami pengikisan, sejumlah batu terlihat berjatuhan dan terus berlanjut di tahun 1995 terjadi hal serupa.

Jembatan ini kerap menjadi tujuan wisata masyarakat amerika dan negara lain, sebab di wilayah ini terdapat beberapa jembatan alami lain yang bisa dilihat.

Kolob Arch

Jembatan alami kedua adalah kolob arch yang dipercaya terbentuk dengan cara yang sama seperti terbentuknya jembatan alami landscape arch di utah. kolob arch punya panjang rentangan batu yang lebih pendek tetapi mempunyai dua buah rentangan batu sehingga seperti jembatan bersambung, hanya saja di salah satu lengkungan tidak terdapat lubang di bawahnya sehingga lebih mirip tonjolan ketimbang jembatan.

Kolob Arch

Sementara lengkungan lainnya mempunyai rongga mirip seperti landscape arch namun dengan ketebalan batu yang lebih baik. Kolob arch dapat ditemukan di zion national park, amerika serikat. meskipun sering disebut sebagai jembatan alami namun sejumlah orang lebih berpendapat itu sebagai tonjolan batu.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: