3 Jembatan eksotik dan terpanjang di dunia

Salah satu bangunan paling sering jadi simbol kecerdasan manusia adalah jembatan. membangun jembatan membutuhkan kecerdasan dan keberanian untuk jadi yang berbeda, tidak hanya dari segi desain dan konsep tetapi juga dari segi ukuran, ketinggian dan keunikannya.

Jembatan juga kerap dijadikan simbol kemakmuran sebuah negara, percaya atau tidak, sebagian besar jembatan-jembatan terpanjang di dunia terdapat di negara-negara maju yang punya teknologi dan kemampuan finansial mumpuni.

Selain ukurannya yang super panjang, keunikan bangunan jembatan bisa juga dilihat dari rupa dari bangunannya, sehingga berbeda dengan jembatan pada umumnya.

Jembatan Manchac Swamp

Jembatan Manchac Swamp

Jembatan terpanjang ketiga versi fenomania hits adalah jembatan manchac swamp yang berada di negara bagian amerika serikat tepatnya louisiana dengan panjang mencapai 36,69 kilometer. hmmm…, panjang banget tuh. Jika ditempuh dengan mobil bisa memakan waktu 30 menit, gimana ya cara membangunnya?. itulah kehebatan orang amerika.

Hebatnya, jembatan manchac swamp ini mewakili sepertiga dari keseluruhan panjang jalan raya di negara bagian tersebut. Jembatan ini harus dibangun karena sebagian besar wilayah louisiana adalah perairan rawa, setiap tiang jembatan ditanam di kedalaman 250 kaki atau sekitar 76 meter di bawah rawa dan menghabiskan uang yang tak sedikit.

Setidaknya pemerintah amerika merogoh kocek hingga 7 juta dollar amerika untuk merampungkan jembatan manchac swamp. setelah rampung, jembatan fenomenal ini dibuka pada tahun 1975 dan sejak itu menjadi ikon kota louisiana.

Jembatan lake pontchartrain causeway

Jembatan lake pontchartrain causeway

Jembatan terpanjang kedua di dunia adalah lake pontchartrain causeway yang punya panjang 38,4 kilometer, wuih!!, lebih panjang daripada jembatan pertama tadi kan. Jembatan ini dibangun di atas danau pontchartrain, itu sebabnya nama jembatan ini sama dengan nama danau yang disebrangi, di mana sih adanya jembatan ini. ternyata lagi-lagi di louisiana amerika serikat.

Jembataran pontchartrain menghubungkan dua buah kota besar, di bagian selatan terhubung dengan kota metairiea, sedangkan di bagian utara akan menuju ke kota mandeville.

Pasti pengen tahu ya kapan jembatan ini dibangun, ternyata jembatan ini lebih tua dibandingkan jembatan manchac swamp, menurut sejarahnya jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1948, saat itu teknologi beton belum sebaik saat ini, untuk menyelesaikan jembatan ini dibutuhkan uang sebesar 30.7 juta dollar amerika dan baru bisa selesai pada tahun 1956.

Jembatan danyang kunshan grand bridge
Jembatan danyang kunshan grand bridge

asti penasaran ya jembatan terpanjang nomor satu ada di mana, jembatan ini panjangnya mencapai 164,8 kilometer hampir empat kali lipat dibandingkan dua jembatan yang tadi sudah kita kunjungi, dan jembatan ini dibangun bukan oleh negara eropa melainkan oleh salah satu negara asia, tak lain dan tak bukan adalah cina.

Jembatan terpanjang di dunia ini bernama danyang kunshan grand bridge, terletak di antara shanghai dan nanjing di timur cina provinsi jiangsu. melewati kota terpadu di cina berawal dari danyang, changzhou, wuxi, suzhou dan berakhir di kota kunshan.

Pengerjaan jembatan ini memakan waktu selama 4 tahun, melibatkan 10 ribu pekerja, dan baru dibuka untuk umum pada bulan juni 2011 lalu, jadi usianya masih sangat muda. Kurang lebih pemerintah cina menghabiskan uang sebesar $8,5 juta dollar amerika. waduh, berapa duit ya kalau dirupiahkan. hmmm… sekitar 98 triliun rupiah lebih.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: