Singapura akan uji coba taksi otonom mulai tahun depan

Sejumlah perusahaan bekerjasama melakukan pengujian taksi otonom di Singapura. Beberapa perusahaan tersebut adalah Delphi Automotive Plc, Singapore Land Transit Authority serta Mobileye NV.

Pengujian taksi otonom di Singapura ini akan dilakukan pada tahun depan. Kendaraan taksi otonom ini buatan Delphi Automotive Plc. Tujuan uji coba taksi otonom ini adalah membuat teknologi mobil otonom pada taksi Delphi bisa layak digunakan secara komersial.

Tahap awal pengujian nanti, taksi otonom milik Delphi tetap akan menggunakan sopir manusia dimana nantinya ia akan mengambil alih kemudi jika sistem otonom pada taksi gagal. Target Delphi  sendiri pada tahun 2019 atau 2020 mobil otonom yang mereka kembangkan tidak perlu lagi sopir manusia.

Taksi otonom Delphie ini menggunakan platform Audi yang sudah menggunakan sistem mengemudi otonom dan pemetaan. Presiden Teknik Delphi, Glen De Vos menambahkan, pihaknya akan mengembangkan proyek taksi otonom ini dengan menggunakan kendaraan listrik.

Mobileye NV memiliki peran mengembangkan sistem sensor yang memungkinkan kendaraan berjalan secara otonom. Sementara itu, Singapore Land Transit Authority bertugas menyediakan infrastruktur pendukung agar taksi otonom aman menavigasi jalan.

Menurut Delphi, otoritas Singapura berencana untuk meluncurkan layanan taksi otonom pada 2022. Pada saat yang sama tersebut, layanan taksi otonom juga akan dilakukandi Amerika Utara dan Eropa.

Delph

Taksi otonom Delphi. (detikOto)

Selain Delphi Automotive, sejumlah perusahaan seperti Uber Technologies Inc dan Lyft juga sedang mempelajari penggunaan sistem mobil otonom untuk menggantikan sopir manusia dalam armada taksi atau perusahaan penyedia transportasi lain.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: