HD alami penurunan penjualan global pada kuartal kedua 2016

Penjualan domestik yang turun dinilai menjadi penyebab penurunan penjualan global yang dilakukan Harley Davidson (HD) pada kuartal kedua tahun 2016. Penjualan domestik HD turun mencapai 5,2 persen dibanding kuartal kedua tahun 2015.

Hal yang berbeda terjadi dengan penjualan HD diluar negeri yang mengalami kenaikan mencapai 4,3 persen. Kontribusi positif dari penjualan di luar negeri tersebut tidak cukup membantu hasil penjualan perusahaan mengingat dominasi kontribusi penjualan domestik HD selama ini.

Dilansir dari Asphal and Rubber oleh Kompasotomotif, kontribusi penjualan domestik HD mencapai dua pertiga dari total penjualan global mereka. Maka adanya penurunan penjualan domestik yang terjadi pada kuartal kedua tahun ini, sangat mempengaruhi kinerja HD.

Terutama mempengaruhi laba bersih perusahaan yang harus turun 6,5 persen dibanding kukartal kedua tahun 2015, atau secara materi laba bersih HD pada kuartal kedua tahun ini sebesar 240,4 juta dolar Amerika.

Namun demikian omset penjualan (revenue) HD mengalami kenaikan hingga 2,2 persen dari total pendapatan yang diperoleh pada kuartal kedua tahun 2016 yang mencapai 1,86 miliar dolar Amerika.

HD sendiri mengklaim, secara keseluruhan pasar roda dua sedang mengalami penurunan pada angka 8,6 persen pada kuartal kedua tahun ini. Selain itu, HD juga mengklaim, masih mampu mendominasi pasar moge di dalam negeri.

Penguasaan pangsa pasar domestik yang diraih HD mencapai 49,5 persen sekaligus memberi bukti, di negeri Paman Sam, HD masih menjadi yang terbaik di segmen pasar moge. CEO Harley Davidson, Matt Levatich sangat menyukai kinerja perusahaannya sejauh ini yang mampu mendominasi pasar dalam negeri ditengah persaingan yang makin ketat.

“Permintaan HD saat ini masih cukup baik,” kata Matt Levatich yang juga President Harley Davidson ini.

HD CVO Limited

HD CVO Limited. (Kompas)

Target penjualan hingga akhir tahun 2016 yang dipatok HD mencapai 264.000-269.000 unit. Target penjualan ini kurang lebih sama dengan pencapaian penjualan HD pada tahun 2015 yang mencapai 266.382 unit.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: