Ford Motor pertimbangkan tutup pabrik di Inggris pasca Brexit

Efek negatif keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau dikenal dengan istilah Britishi Exit (Brexit) juga membayangi produsen kendaraan Ford Motor, sebagai salah satu perusahaan mobil terbesar di Inggris.

Sejumlah antisipasi telah dipersiapkan pabrikan Amerika Serikat (AS) tersebut. Misalnya, Ford tengah mempertimbangkan rencana menaikkan harga mobil mereka di Inggris. Dipertimbangkan pula untuk melakukan penutupan pabrik di negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Sejumlah rencana Ford Motors tersebut dihasilkan dari rapat perusahaan yang diumumkan beberapa hari lalu. Ford juga  menyepakati perkiraan biaya produksi sebesar 1 miliar dolar AS dalam dua tahun ke depan hingga pulihnya kondisi di Inggris.

Kepala Keuangan Ford Inggris, Bob Shanks mengatakan rencana kenaikan harga produk Ford di Inggris dilakukan guna mengimbangi fluktuasi nilai tukar poundsterling dampak adanya Brexit. Saat ini, poundsterling melemas 11 persen terhadap dolar sejak lebih dari satu bulan lalu.

Dilansir dari The Guardian oleh Kompasotomotif,. Ford Inggris akan fokus terhadap biaya yang dikeluarkan perusahaan. Tentu saja, pernyataan Bob Shanks tersebut memicu kekhawatiran terhadap nasib pasar mobil di Inggris Raya setelah munculnya Brexit.

Salah satu pekerjaan yang harus dilakukan terkait hal tersebut adalah transaksi perdagangan dengan semua negara di Eropa harus dinegoisasi kembali. Sejumah analisis mengatakan, kondisi ini akan membuat produsen melakukan penundaan perluasan pasar mereka di Inggris.

Atau bisa jadi pula melakukan penutupan terhadap pabrik mereka di Inggris. Bob Shanks sendiri mengelak bila dikatakan Ford Inggris akan menutup operasional dua pabrik mereka yaitu di Dagenham dan Bridgend.

Ford New Ranger

Ford New Ranger. (Otomania)

“Semuanya masih dalam pertimbangan,” kata Bon Shanks. Kalau penutupan pabrik Ford di Inggris nanti jadi dilakukan, perkiraan sejumlah analis, Ford akan memperoleh biaya hingga 1 miliar dolar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: