Volkswagen menjadi produsen otomotif dengan penjualan terbesar di semester pertama 2016

Pabrikan terbesar di Eropa, Volkswagen (VW) menjadi produsen otomotif dengan penjualan paling besar pertama di dunia pada semester pertama tahun 2016. Hal ini terjadi setelah pabrikan terbesar di dunia, Toyota  Motor Company (TMC) mengalami penurunan penjualan pada semester pertama tahun ini.

Dengan mengandalkan tiga merek yaitu Toyota, Lexus serta Daihatsu di pasar global, Toyotamengalami penurunan penjualan secara global higga 0,6 persen pada Januari-Juni 2016. Artinya ada penurunan penjualan hingga hampir 30 ribu unit pada semester pertama tahun 2016 ketimbang periode waktu yang sama tahun 2015.

Jika pada tahun 2015 lalu, pada semester pertama Toyota mampu menjual sebanyak 5.021.000 unit, maka pada periode waktu yang sama tahun 2016, pabrikan yang berpusat di Tokyo ini memiliki volume pasar hingga 4.992.000.

Dilansir dari Reuters oleh detikOto, VW mengaku telah mengirim sebanyak 5.116.000 unit kendaraan pada periode waktu Januari-Juni 2016 yang berarti mengalami kenaikan hingga 1,5 persen dibanding periode waktu yang sama tahun lalu.

Dalam empat tahun terakhir hingga 2015, Toyota telah menjadi produsen paling laris di dunia. Namun, predikat itu harus beralih ke VW setelah produsen asal Jepang tersebut terkena dampak gempa bumi di Jepang yang terjadi  beberapa kali pada April 2016 lalu.

Selain terdampak gempa bumi, Toyota terpaksa menghentikan produksi domestik mereka pada Februari yang lalu menyusul ledakan pada salah satu perusahaan pemasok komponen baja mereka yang menyebabkan Toyota kekurangan pasokan baja untuk produksi mobil mereka.

Sedangkan Volkswagen memperoleh capaian penjualan lebib baik karena dukungan bagusnya penjualan mobil mewah Audi, Porsche serta Skoda. Pabrikan yang masih harus berurusan dengan ‘dieselgate’ ini menargetkan penjualan hingga 9,93 juta unit kendaraan di dunia pada tahun 2016.

VW mengalami pertumbuhan bisnis yang sangat bagus di China dan Eropa dengan ditandai penjualan yang cukup tinggi di dua wilayah tersebut. Produsen dari Amerika Serikat (AS), General Motors (GM) berada di peringkat ketiga dengan capaian penjualan pada semester pertama tahun2016 sebanyak 4.760.000 unit.

VW Polo

VW Polo

Meski demikian, GM mengalami penurunan penjualan pada semester pertama tahun 2016 jika dibandingkan periode waktu yang sama tahun 2015. Penurunan yang terjadi pada GM mencapai 1,2 persen.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: