Ini kabar terbaru mobil bertenaga gas di Indonesia

Kabar mengenai mobil berbahan bakar gas di Indonesia atau Compressed Natural Gas) kembali muncul ke permukaan setelah hampir 30 sejak pertama kali kabar  tentang mobil CNG ini muncul.Kali ini pihak perguruan tinggi yang mengapungkan lagi kabar mobil CNG Indonesia.

Peneliti dan Dosen Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Ing. Tri Yuswidjajanto mengatakan, sejak tahun lalu, pihaknya sudah mencanangkan pengembangan mobil CNG dengan Bali siap menjadi pulau tempat uji coba mobil dengan sumber tenaga dari gas ini.

Tahun depan, mobil CNG sudah akan mendapat uji coba dengan menggunakan daya gerak Liquid Natural Gas dan akan diubah menjadi CNG. Diakui Tri Yuswidjajanto, sejumlah agen tunggal pemegang merek di tanah air seperti Honda dan Yamaha sudah memiliki produk berupa mobil CNG.

Honda memiliki mobil CNG dalam model city CNG sedang Toyota mempunyai Limo serta Altis. “Untuk ke depannya, mungkin akan ada produk yang lainnya secara bertahap,” kata Tri Yuswidjajanto seperti dilansir dari detikOto.

Dampak positif lainnya adalah, para pemasok gas juga bisa terlibat dengan menjadi pemasok resmi bagi pabrikan yang mengembangkan mobil CNG.

Pekerjaan rumah

Namun diakui juga oleh Tri Yuswidjajanto,untuk menghadirkan mobil CNG di tanah air, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Salah satunya adalah masalah parkir yang harus dibuat lebih khusus mengingat mobil CNG tidak bisa diparkir pada tempat yang terkena matahari langsung.

Terkait pemerintah sendiri, menurut Tri Yuswidjajanto, mesti memiliki komitmen mengembangkan mobil berbahan bakar gas CNG sehingga bisa benar-benar mengaspal di tanah air. Namun, menunggu komitmen dari pemerintah juga tidak harus menjadi persoalan tambahan.

Akhirnya pelaksana di lapangan mencari usaha baru agar mobil CNG bisa terwujud. Menurut Tri Yuswidjajanto, proyek mobil CNG sudah muncul sejak tahun 1988 dimana saat itu baru pencanangan program saja dengan mengajak pihak swasta terlibat didalamnya.

mobil CNG

mobil CNG. (detikOto)

“Lalu muncul beberapa masalah misalnya konsumen membutuhkan investasi lebih mahal terlebih pada tahun 1998 dolar naik,” kata Tri.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: