Mitsubishi alami penurunan profit hingga 70 persen pada tahun fiskal 2016

Terungkapnya skandal data uji emisi yang dilakukan Mitsubishi pada April 2016 lalu, membuat sejumlah dampak buruk bagi kinerja perusahaan otomotif Jepang tersebut. Setidaknya penjualan domestik jenis mobil kompak untuk pasar domestik akan mengalami terjun bebas.

Diprediksi, akibat penjualan yang terjun bebas itu, keuntungan perusahaan Mitsubishi Motors akan menurun hingga lebih dari 70 persen pada tahun fiskal 2016. Laporan Nikkei yang dilansir Kompasotomotif, Mitsubishi Motors hanya bisa berharap memperoleh laba pada April-Juni 2016 sekitar Rp 4 miliar yen atau kurang lebih Rp 497 miliar.

Untuk mengantisipasi turunnya penjualan domestik tersebut, Mitsubishi akan mendorong penjualan kendaraan di luar Jepang. Skandal data uji emisi yang dilakukan Mitsubshi yang melibatkan empat model mobil mini (kei car) memaksa penjualan mobil-mobil mini mereka di Jepang.

Ini berarti, Mitsubishi Motors Corporation harus kehilangan sekitar 60 persen total penjualan domestik. Meski di Jepang sedang turun, sejumlah pasar Mitsubishi di Asia mengalami pertumbuhan yang baik seperti pasar di Thailand. Demikian juga dengan pasar Eropa dan AS.

Analis dari Nikkei Group Quick memprediksi pada April-Juni 2016, Mitsubishi Motors akan memperoleh kerugian hingga merugi 5,1 miliar yen atau Rp 634 miliar. Namun pengumuman resmi pihak Mitsubishi Motors akan diumumkan pada Rabu (27/6). Analis dari Nikkei Group ini masih menyebut “Mitsubishi Motors mengakhiri periode April-Juni 2016 dengan hanya sedikit penurunan volume penjualan global.

Mitsubishi Motors

Mitsubishi Motor Corporation. (The Guardian)

Laba bersih pada tahun fiskal tahun 2015 yang dicatat Mitsubishi mencapai 72,5 miliar yen. Tahun fiskal 2016  diperkirakan akan semakin turun.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: