UNS dan UGM segera ikut pengembangan motor listrik “Gesitst

Setelah disimpan beberapa waktu oleh pengembang motor listrik Garansindo electric ITS (Gesits), akhirnya terkuak juga dua universitas yang akan membantu pengembangan Gesits di masa mendatang. Dua universitas itu adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) serta Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dua universitas tersebut akan membantu pengembang Gesits dalam dua hal pengembangan, yaitu pengembangan sel baterai lithium yang akan dilakukan UNS serta melakukan daur ulang baterai lithium-ion yang dilakukan UGM.

Sebuah sumber yang didapat detikOto mengatakan, UGM dikabarkan sudah bisa melakukan daur ulang baterai hingga 95 persen. ‘”Daur ulang yang dilakukan adalah baterai tersebut sudah bisa dibuat jadi seperti baru lagi hingga 95 persen,” kata sumber tersebut.

Sumber ini menambahkan, kandungan logam dalam baterai yang beracun jika dibuang begitu saja sering kali disorot banyak kalangan. Namun dengan daur ulang ini, masalah tersebut bisa dikurani. Dengan daur ulang yang bisa dilakukan pada baterai untuk Gesits, efek samping limbahnya bisa diperkecil.

Baterai lithium-ion menjadi salah satu komponen penting pada motor listrik Gesits. Baterai yang dipakai di Gesits saat ini merupakan produksi Jepang.  Di konfirmasi mengenai keterlibatan UNS dan UGM pada proyek motor listrik Gesits, CEO Garansindo, Muhammad Al Abdullah belum mau berkomentar banyak.

“Nanti akan ada berita resmi,” kata pria yang sering dipanggil Memet ini. Sebelumnya, Memet sempat mengatakan pihaknya akan melakukan kerjasama dengan dua universitas di luar ITS dimana dua universitas itu masing-masing akan mengembangkan sel baterai motor listrik dan masalah daur ulang baterai.

Gesits_

Gesits. (detikOto)

Memet juga menyatakan penanda tanganan MOU antara produsen  Gesits dengan dua universitas tersebut akan dilakukan setelah lebaran.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: