UI rilis empat kendaraan listrik untuk dukung program ‘Green Campus’

Tim Mobil Listrik Nasional Universitas Indonesia (Molina UI) mengeluarkan empat kendaraan listrik. Kemunculan sejumlah mobil listrik tersebut untuk mendukung program Green Campus yang dicanangkan Universitas “jaket kuning” itu.

Ke empat mobil listrik UI tersebut adalah Makara Electric Vehicle (MEV) 01, City Car konversi (MEV) 02 dan City Car konversi (MEV) 03.serta bus berpenumpang besar dan bertenaga listrik pertama di Indonesia, Molina UI–EV Bus.

Beberapa mobil listrik tersebut menggunakan basic mobil komersial seperti Toyota Kijang yang diganti sumber tenaganya menjadi tenaga listrik. City Car MEV 01 menggunakan motor Brushless Direct Current (BLDC) motor dengan kapasitas 25 kW.

Citi Car MEV 01 adalah konversi kendaraan listrik generasi pertama dengan penerapan motor listrik hasil rancangan Tim Molina UI. City Car MEV 02 merupakan konversi generasi kedua dari kendaraan komersial dengan menggunakan motor AC Induksi dengan daya 7,5 kW dan kapasitas baterai 102 Ah.

City Car MEV 02 diharapkan dapat digunakan di lingkungan kampus sebagai transportasi alternatif. Lalu
City Car MEV 03 adalah mobil listrik yang dihasilkan dari kendaraan komersial dengan sistem hybrid seri menggunakan motor AC induksi dengan daya 32 kW dan kapasitas baterai 102 Ah.

Dengan menggunakan sistem hybrid, City Car MEV 03 diharapkan jangkauan jarak tempuh kendaraan dapat lebih jauh. Sedang Molina UI atau bus electric vehicle (EV) merupakan bus listrik dengan kapasitas 60 tempat duduk dengan daya motor 120 kW dan 300 Ah.

Bus ini dirancang untuk bisa menggantikan bus kampus UI yang berbahan bakar solar. Molina UI-EV Bus tengan menjalani uji level kelayakan untuk mendapatkan status Bus Kuning atau bus keliling UI.

Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met dalam pernyataan resminya mengatakan, secepatnya bus listrik Molina UI ini akan difungsikan seperti layaknya bus kuning untuk mendukung visi UI sebagai green campus.

Langkah ini dapat menjadi salah satu upaya menekan angka polusi udara serta mendukung ketahanan energi di tanah air dan kegiatan ramah lingkungan sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Bus listrik

Bus listrik UI. (detikOto)

Selain itu juga juga ikut mengembangkan kompetensi mahasiswa UI untuk makin menguasai teknologi dan tidak lagi tergantung pada industri mobil besar yang hanya menjadikan Indonesia sebagai konsumen.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: