Teknologi G-Vectoring Control (GVC), teknologi pengendali mobil pertama milik Mazda

Saat ini, Mazda sedang melakukan pengembangan rangkaian inovasi SkyActive-Vehicle Dynamics. Pabrikan dari Jepang tersebut telah berhasil membuat teknologi pertama dari rangkaian inovasi tersebut.

Teknologi pertama dari program inovasi SkyActive-vehicle Dynamics ini diberi nama G-Vectoring Control GVC). Teknologi GVC ini berhubungan erat dengan pergerakan serta pengendalian mobil.

Teknologi GVC diklaim sebagai satu-satunya sistem yang ada di dunia yang mampu mengontrol torsi mesin dari masukan pergerakan alat kemudi. Ringkasnya, teknologi GVC mampu mendistribusikan bobot ban.

Cara kerja teknologi GVC adalah apa yang diinginkan pengemudi diterjemahkan dari pergerakan alat kemudi (setir). Secara pintar, mobil lalu menghitung algoritma lateral dan longitudinal yang berhubungan dengan tekanan saat mobil melakukan akselerasi dan berbelok.

Dengan adanya optimalisasi berat pada masing-masing ban membuat mobil bisa bertahan pada “garis” yang sesuai dengan perintah pengemudi sekaligus mengurangi kesalahan pada setir. Mekanisme ini juga membuat traksi pada masing-masing ban bisa membuat pengemudi bisa lebih nyaman.

Teknologi GVC ini akan sangat berguna saat mobil melaju di lintasan basah, bersalju, atau permukaan jalan yang kurang baik. Kegunaan tambahan dari teknologi GVC adalah membuat nyaman mobil saat pedal gas diinjak untuk melakukan akselerasi.

Mazda

Cara kerja teknologi GVC pada Mazda. (Mazda)

Dilansir dari Leftlanenews oleh Kompasotomotif, teknologi pertama hasil dari rangkaian inovasi SkyActive-Vehicle ini diterapkan pada Mazda3 terbaru di Jepang. Kemudian akan dipasang pada Mazda6 di Amerika Serikat. Mazda mengklaim, teknologi berikutnya dari inovasi SkyActiv-Vehicle Dynamics akan segera muncul dalam waktu tidak lama lagi.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: