Pemasok komponen utama menyatakan pailit, GM nyaris “jatuh”

Hubungan antara pemasok komponen dengan pabrikan sangat kuat di industri otomotif. Hal ini dibuktikan oleh Clark Cutler McDermott (CCM), pemasok komponen utama General Motors (GM).

Tak dinyana, CCM mengalami bangkrut dan mengajukan perlindungan bangkrut kepada pemerintah Amerika Serikat (AS) pada Kamis (7/7). Penyebab bangkrutnya CCM adalah makin berkurangnya pembayaran komponen-komponen kepada CCM sejak 2013 sehingga perusahaan asal Massachussets tersebut mengalami kerugian hingga 30.000 dollar AS (Rp 392 juta) per hari.

Hingga saat ini, kerugian yang diderita CCM sudah menjadi 12 juta dollar AS atau Rp 157 miliar. Sebagai pemasok komponen utama,bangkrutnya CCM membuat GM terancam ambruk juga.

Situasi sulit yang menimpa CCM dipastikan berdampak buruk bagi kinerja produksi GM di AS sebagai salah satu pasar utama mereka di dunia.Namun GM akhirnya selamat pada detik-detik akhir kemelut.

CCM memiliki peran sangat vital bagi GM mengingat perusahaan yang berada di Massachussets tersebut menyuplai komponen penyekat, trim serta tekstil interior. Sayangnya, GM tidak memiliki pemasol lain untuk membantu produksi mobil mereka di AS, Meksiko dan Kanada.

Proses produksi di tiga negara di Amerika Utara itu bisa berhenti dengan ketiadaan pasokan komponen dari CCM. Detroit Free Press melaporkan pada Rabu (13/7) dan dilansir Kompasotomotif, GM bisa saja menderita kerugian bisnis hingga jutaan dolar per hari karena CCM bangkrut.

Untung bagi GM, hakim kepailitan AS, Christoper Panos mengabulkan klaim pailit CCM sehingga GM selamat dari krisis. GM akhirnya membuat keputusan meng-klaim peralatan dan barang gudang CCM.

GM

GM

Hal itu dijelaskan Jjuru bicara GM, Nick Richards dengan mengatakan, pihaknya akan mengambl kepemilikan peralatan dan memperoleh hak membeli semua produk persediaan CCM. “Kami harus mengidentifikasi rekan lain pada rantai pemasok yang bisa memenuhi produksi,” kata Nick Richard.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: