Sudah tiga kali kecelakaan pada mobil Tesla Motor saat fitur autopilot aktif

Setelah mengalami kecelakaan fatal  yang mengakibatkan korban meninggal pada awal Mei  lalu, mobil listrik Tesla Motors dikabarkan kembali terlibat kecelakaan. Jika kecelakaan pada awal Mei lalu terjadi pada Tesla Model S, kini kecelakaan terjadi pada Tesla Model X.

Dilaporkan Autoguide dan dilansir detikOto. Selasa (11/7) dari sumber anggota Tesla Motors Club yang mengatakan, Tesla Model X mengalami kecelakaan pada malam hari di wilayah Whitehall, Montana, Amerika Serikat (AS).

Pada saat kecelakaan itu, mobil berada dalam kecepatan antara 80-96 km/jam, sementara fitur autopilot berada dalam situasi aktifkan. SUV listrik bikinan Tesla Motors tersebut menabrak beberapa kayu pancang.

Akibatnya bagian kanan mobil listrik berharga sekitar Rp 1 milar tersebut kerusakan. Beruntung orang yang ada didalam Tesla Model X tersebut tidak mengalami masalah berarti. Fitur Autopilot pada mobil Tesla adalah sistem semi otonom yang mampu mengambil peran semua kontrol terhadap mobil yang biasa dilakukan pengemudi termasuk kemudi dan pengereman.

Meski demikian, Tesla Motors mengatakanm, sebaiknya pengemudi manusia tetap mengambil kontrol terhadap kemudi. Selain itu, ada larangan dari Tesla Motors untuk tidak menjalankan sistem Autopilot di jalan raya tanpa ada median jalannya.

Nah, kecelakaan yang terjadi pada Tesla Model X di Whitehall, Montana ini, terjadi karena hal tersebut. Hingga saat ini, sudah terjadi tiga kali kecelakaan berkaitan dengan sisten autopilot pada mobil listrik Tesla Motors.

autopilot

Fitur autopilot. (Otodriver.com)

Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) mulai melakukan penyelidikan untuk memastikan bahwa sistem Autopilot bekerja sebagaimana mestinya.  Demikian pula dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) juga melakukan penyelidikan terkait faktor ekonomis pada mobil listrik Tesla Motors yang mengalami kecelakaan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: