Tiga cara membersihkan rantai motor

Keberadaan rantai motor sangat penting bagi kendaraan karena menjadi jalan menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Namun, kondisi rantai motor yang terbuka membuat komponen ini penuh kotoran.

Adanya kotoran di rantai motor bisa merusak komponen tersebut sehingga mengakibatkan kinerja rantai yang kurang maksimal saat mendukung performa motor secara keseluruhan. Maka sudah sepatutnya rantai motor mendapat perawatan rutin. Berikut cara membersihkan rantai motor secara mandiri:

1.Semprotkan penetran ke seluruh bagian rantai

Cairan penetran berguna menghilangkan sisa pelumas beserta kotoran yang ada di sisa pelumas itu. Jika cairan penetran susah didapatkan, sebagai gantinya bisa digunakan minyaktanah atau solar sebagai penghilang kotoran di rantai motor.

2. Sikat rantai motor

Pemilik motor bisa menggunakan sikat gigi bekas atau kuas kecil untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada rantai motor.

3. Pelumas khusus

rantai motor

rantai motor. (Motorcycle)

Langkah berikutnya, pemilik kendaraan memberi pelumas ke rantai motor dengan pelumas khusus rantai sepeda motor. Sebelum memberi pelumas khusus tersebut, harap rantai motor dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dibawa berkendara dalam jarak dekat. Setelah itu, rantai motor bisa disemprot dengan pelumas secara menyeluruh.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: