Setang dan jok motor sering bergetar pada kecepatan 60-100 km/jam. Ini masalahnya

Pernah merasa setang hingga jok motor bergetar saat motor melaju hingga kecepatan 60-100 km/jam? Setang hingga jok motor yang bergetar sering terjadi pada  motor yang menggunakan pelek racing (casting wheels/CW).

Pelek racing dengan lebar 2,5 inci atau lebih biasanya yang sering kedapatan bergetar setang dan jok motornya. Lalu apa yang sebenarnya terjadi kenapa setang dan jok motor dengan pelek ukuran 2,5 inci atau lebih bisa bergetar pada saat digeber 60 km/jam ke atas?

Dilansir dari welovehonda, Sabtu (11/6) masalah yang terjadi barangkali terletak pada pelek racing motor tersebut yang harus mendapatkan balancing mengingat pelek racing juga memiliki masa ketahanan.

Jadi disarankan bagi pemilik motor yang menggunakan pelek racing, hendaknya memeriksa keseimbangan pelek racing pada motor mereka setiap penggunaan 10.000 km agar getaran bisa hilang.

Pada pelek racing motor sport, biasanya ada timah di bagian tengahnya sebagai penyeimbang saat roda berputar. Nah, komponen timah ini secara berkala harus diperiksa.Jika pelek racing tidak mendapat balancing, stabilitas motor akan naik hingga 50 persen.

Caranya, timah balancer dari pabrik tersebut dilepas dulu. Kemudian diganti dengan timah baru yang ditempel pada bibil pelek. Untuk tititk balance yang baik itu harus berada di angka 10 pada outer serta 10 pada inner.

pelek racing

Pelek racing motor sport. (detikOto)

Getaran pada kecepatan 60-100 km/jam juga bisa disebabkan akibat masalah bearing yang sudah mulai rusak atau bisa juga ban yang sudah tidak rata.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: