Lima cara merawat kondisi ban mobil

Kenyamanan berkendara mobil ditentukan oleh banyak hal salah satunya adalah ban. Sehingga perawatan terhadap ban mesti diperhatikan agar perjalanan bersama komunitas (touring) berjalan lancar. Berikut lima langkah mudah menjaga komponen ban selalu memiliki kondisi prima.

1. Mencuci ban

Pekerjaan ini bisa dilakukan di garasi rumah atau di tempat yang memadai. Gunakan busa air untuk membersihkan ban. Manfaat menggunakan busa air saat mencuci ban adalah bisa menghilangkan kotoran yang masuk ke sela-sela antara velg dan ban.

Selain menghilangkan kotoran diantara velg dan ban, air busa bisa membantu kita mendeteksi kondisi mobil yang mengalami bocor halus.

Saat mencuci ban, buang kerikil dan kotoran yang menyelinap yang diantara sela-sela lempengan ban yang berpotensi memicu ban sobek. Dampaknya sangat buruk, air yang mengalir ke ban dapat mengenai anyaman kawat baja didalam konstruksi ban sehingga ban rentan rusak dan pecah.

2. Periksa ketebalan ban

Mobil yang sering digunakan tentu berpengaruh pada ketebalan ban. Oleh karena itu, memeriksa ban mobil secara periodik pada akhir pekan bisa dilakukan pemilik mobil. Kondisi ban yang sudah tipis dan gundul dapat mengakibatkan kendaraan slut dikendalikan terutama pada saat hujan.

Bagaimana cara memeriksa kekebalan ban cukup sederhana dengan menggunakan uang koin. Letakkan koin tersebut di tapak ban. Apabila seluruh gambar pada koin terlihat utuh itu berarti ban sudah gundul. Segera ganti saja ban mobil yang gundul seperti itu.

3. Periksa tekanan angin

Sebenarnya memeriksa tekanan angin bukan masalah sulit. Misalnya dengan mendatangi SPBU yang menyediakan alat pengukur dan penambah tekanan ban secara gratis.  Setelah itu, pastikan ban mobil sudah memiliki tekanan yang dianjurkan pabrikan.

Selain di SPBU, alat pengukur tekanan ban juga bisa dijual toko otomotif atau asesoris dengan memperhatikan angka yang tertera pada alat tersebut sesuai dengan informasi tekanan sesuai dengan yang tertera pada bagian sisi pintu pengemudi.

4. Kencangkan penutup pentil

Pemilik mobil sepertinya tidak sering memperhatikan tutup pentil di roda. Getaran serta putaran jam yang secara cepat, serta kelalaian saat mengisi angin. Memicu penutup pentil jadi kendur bahkan sampai terjatuh.

Berkendara tanpa penutup pentil ban membuat ban kehilangan tekanan angin. Sehingga pastikan tutup pentil dalam kondisi baik dan mampu menutup pentil dengan maksimal.

ban mobil

Ban mobil. (Indo.modif.com)

5. Penyemiran ban

Tindakan menyemir ban secara berkala bisa menjaga kondisi dan kelembaban ban disamping meningkatkan performa kendaraan. Namun demikian tidak dianjurkan menggunakan semir ban yang memiliki bahan dasar silikon karena dapat merusak karet. Jadi, lebih baik menggunakan semir ban dengan bahan dasar air yang memiliki cirri khas tidak lengket.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: