Tidak bisa tidak, pergantian oli mesin kendaraan harus tepat waktu

Salah satu pergantian cairan pada suku cadang mobil yang harus dilakukan sesuai aturan adalah pergantian pelumas mesin. Mengapa? Jika pelumas mesin tidak mengalami pergantian, berpengaruh besar terhadap performa kendaraan.

Nah, pergantian pelumas mesin dilakukan pada jangka waktu tertentu. Namun jika pemilik mobil secara sengaja tidak mengganti pelumas mesin mobilnya tepat waktu maka mesin bisa cepat rusak.

Mengapa? Mengingat kemampuan oli yang ada didalam mesin lama-lama akan turun dan bisa merugikan kondisi mesin jika oli tidak diganti tepat waktu. Di dalam mesin ada beberapa faktor yang bisa membuat oli yang rusak tidak bisa dihindari.

Ada tiga faktor yang membuat oli bisa rusak didalam mesin. Pertama ketika mesin berada dalam temperature yang panas. Kedua, interaksi dengan udara. Ketiga, air. Memahami hubungan antara panas dan udara didalam mesin tentu relatif mudah.

Lalu mengapa air bisa membuat oli didalam mesin rusak? Karena ternyata ada air yang bisa muncul dengan sendirinya didalam mesin, tidak oleh air yang dimasukkan dari luar mesin seperti air hujan dll yang sudah jelas bisa merusak mesin.

Mengapa air bisa muncul dengan sendirinya didalam mesin? Ketika mesin mobil tidak digunakan atau dalam keadaan mati, suhu didalam mesin akan rendah atau sama dengan suhu diluar mesin.

Nah, jika didiamkan dalam waktu cukup lama misalnya  satu malam, maka bisa terjadi pengembunan air. Ini berarti makin lama penggunaan olil mesin dari waktu yang telah ditentukan oleh pabrik, maka oli makin banyak mengandung air.

ganti oli

pergantian oli kendaraan . (Tqn)

“Sebaiknya jangan terlambat mengganti pelumas mesin agar kendaraan tidak cepat rusak,” kata Shofwatuzzaki, Shell Lubricant Technical Advisor Indonesia seperti dilansir Kompasotomotif.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: