Tips memilih jaket bagi pengendara sepeda motor

Bagi pengendara sepeda motor, pakaian tebal berupa jaket dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengenakan jaket untuk perjalanan bersepeda motor.

1. Jenis bahan

Hal ini ada hubungannya dengan tempat yang akan didatangi pengendara sepeda motor. Bagi pengendara motor yang hendak menempu perjalanan jauh, sebaiknya memilih jaket dengan bahan yang lebih tebal.

Alasannya, mengingat angin yang mengenai tubuh pengendara  lebih banyak atau lebih sering ketimbang saat berkendara jarak pendek.

Sangat dianjurkan saat bepergian jauh, menggunakan jaket tahan air (waterproof) mengingat cuaca yang tidak menentu sehingga menuntut kita lebih waspada walau perjalanan tidak terlalu jauh. Dengan menggunakan jaket tahan air, pengendara motor akan lebih siap saat hujan turun.

Bagi pengendara sepeda motor yang berkendara jarak jauh, pilihan sudah jelas yaitu mengenakan jaket khusus pengendara sepeda motor agar aman dan nyaman selama perjalanan. Pilihlah jaket yang memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga suhu tubuh tidak cepat panas. Jaket yang memiliki ventilasi yang bagus juga dapat membantu menghindari dehidrasi saat berkendara.

2. Warna jaket

Pemiilhan warna jaket bukan hanya tentang selera. Tapi juga harus mempertimbangkan kondisi di jalan raya. Pengemudi motor amat dianjurkan mengenakan jaket dengan warna terang atau mencolok.

Alasannya, jaket warna terang akan meningkatkan keamanan pengendara karena akan lebih mudah terlihat oleh pengendara lain baik yang ada didepan atau dibelakang kendaraan pengendara.

Apalagi saat harus berkendara pada malam hari atau ketika musim hujan. Disarankan, untuk membeli jaket yang sudah dilengkapi dengan bagian jaket yang mampu memantulkan cahaya (scotlite).

3. Model jaket

Model jaket juga memberi pengaruh pada kenyamanan berkendara. Bayangkan jika jaket yang dikenakan tidak memiliki ruang penyimpanan.Tentu akan menyulitkan pemakainya saat hendak mengantongi karcis parkir atau uang koin.

Jaket sepeda motor

Jaket sepeda motor. (otonity.com)

Maka dari itu, pilihlah jaket yang memiliki beberapa tempat penyimpanan yang juga bisa digunakan untuk menyimpan sarung tangan pada saat sudah sampai di tempat tujuan. Tidak kalah penting lagi adalah  pengendara motor bisa mengenakan jaket dengan model yang bisa meningkatkan gaya berkendara.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: