Pengisian angin ban dengan nitrogen lebih dianjurkan ketimbang angin biasa. Ini alasannya

Saat ini, banyak SPBU mendirikan booth khusus untuk pengisian ban dengan nitrogen bagi para pengendara baik mobil atau sepeda motor. Pelaku industri ban kendaraan menilai, pengisian angin untuk ban dengan nitrogen memang lebih mahal ketimbang angin biasa.

Namun, penggunaan nitrogen memiliki kelebihan ketimbang menggunakan angin biasa. Jadi seperti rumus lama, ada harga tentu ada kualitas dan keuntungan. Pengisian ban dengan nitrogen memang dianjurkan.

Mengingat dampak pada ban yang menjadi lebih tahan lama tidak hanya untuk ban baru tapi juga saat ban sudah berusia. Hal ini disampaikan Hery Maylanda, Consumer Product Planning Bridgestone.

Mengapa nitrogen membuat ban lebih awet? Menurut Hery, udara biasa yang dimasukkan ke dalam ban mengandung uap air. Dimana makin banyak uap air maka yang terjadi air meresap masuk ke lapisan ban melewati pori-pori ban.

Nah, di dalam lapisan ban ada lapisan sabuk baja (steel belt) yang jika terkena air secara terus menerus bisa berkarat. Kalau sudah berkarat maka sabuk baja akan lepas dengan lapisan ban lainnya.

pengisan udara

pengisan udara. (Huffingtonpost)

Sehingga sangat disarankan untuk mengisi ban dengan bahan nitrogen yang selain tidak mengandung air juga mampu menjaga tekanan ban tetap stabil serta membuat ban lebih awet.

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: