Terlihat remeh temeh, apa sebenarnya fungsi tutup pentil ?

Banyak pemilik kendaraan roda dua maupun roda empat yang menganggap remeh temeh keberadaan tutup pentil roda. Anggapan sederhana terhadap tutup pentil tersebut sangat salah sebenarnya. Mengapa?

Mari mengetahui fungsi dari tutup pentil ban. Fungsinya berguna untuk melindungi sejumlah bagian kecil dari ban seperti sil karet, penonjok serta per . Tutup pentil menjadi tempat keluar masuknya angin pada ban. Jika ingin mengeluarkan angin, maka tinggal tekan saja bagian ini.

Pada bagian dimana tutup pentil ini difungsikan, jika tidak ada tutup pentil, maka kemungkinan angin bisa keluar secara tiba-tiba. Selain itu, tutup pentil juga mencegah ban dari air yang masuk. Jika ban kendaraan  sering kemasukan air atau kotoran, maka ban  kendaraan  akan mengalami bocor lebih cepat ataupub mudah getas.

Setelah mengetahui fungsi tutup pentil, maka pemilik kendaraan seharusnya tidak lagi berfikir sederhana terhadap komponen yang berukuran kecil dan berharga murah tersebut. Misalnya dengan masalah angin yang keluar tiba-tiba jika ban tidak pentil pada ban tidak ditutup.

tutup pentil

Tutup pentil. (Liputan6.com)

Seperti sudah diketahui, jika ban mengalami kurang angin, akan berakibat pada sejumlah hal seperti tarikan kendaraan yang lebih berat serta penggunaan BBM kendaraan yang tidak lagi efisien. Nah, saat ini, selain tutup pentil yang standar, sudah ada tutup pentil yang bisa mengukur tekanan udara sehingga ban bisa diperiksa kondisinya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: