Ini efek buruk dari penggunaan air mineral untuk cairan radiator kendaraan

Hingga saat ini, masih ada anggapan pada sebagian besar masyarakat bahwa air mineral bisa digunakan untuk cairan khusus untuk radiator. Padahal penggunaan air mineral untuk pendingin radiator adalah langkah yang keliru.

Karena keliru, sudah tentu ada efek buruk jangka panjang yang bisa merugikan pemilik kendaraan. Heru Wibowo, Workshop Manager PRO-Q menjelaskan, air mineral memiliki syfat mudah menguap ketika suhu tinggi.

Selain itu, air mineral memiliki sifat korosif yang berarti membuat pengikisan dan karat pada bagian dalam dan pipa radiator. Jika karat sudah muncul pada radiator maka mobil juga rentan mengalami cepat panas (overheat).

Mengapa? Karena adanya endapat karat yang masuk dalam sistem pendingin dari radiator termasuk pada selang dan thermostat. Jika kerak makin tebal, maka akan ada dua hal yang terjadi yaitu penghambatan aliran air hingga penghambatan terjadinya pertukaran kalor antara mesin dan cairan pendingin sehingga suhu bisa cepat panas karena tidak efektifnya sistem pendinginan.

Meskipun tidak langsung, dalam jangka panjang, kemunculan karat dan korosi yang disebaban penggunaan air mineral untuk carian radiator membuat kerusakan pada internal sistem pendingin mesin.

“Jika sudah rusak, sudah pasti dana perbaikan juga jauh lebih mahal ketimbang perawatan mengganti cairan radiator dengan radiator coolant secara berkala,” kata Heru Wibowo seperti dilansir Otomania.

mesin mobil overheat

Ilustrasi mesin mobil overheat. (Robert.com.ph)

Pada dasarnya, radiator coolant pada cairan radiator di kendaraan berguna sebagai pendingin yang bisa menjaga temperature suhu mesin. Dengan demikian, dari fungsinya, jenis cairan radiator sebenarnya berbeda dengan air mineral.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: