Ini tips membeli mobil bekas bertransmisi otomatis

Berli mobil bekas bisa jadi berkah atau masalah, tergantung kejelian Anda saat memilih. Jangan mudah tergoda tampilan luar, yang lebih penting adalah latar belakang, kondisi “jerohan” serta performan saat diuji coba. Berikut sejumlah tips saat membeli mobil bekas dengan transmisi otomatis seperti dilansir Kompas:

Membeli di temapt penjualan mobil terpercaya akan lebih memudahkan , apalagi yang bisa memberikan jaminan mobil tersebut tidak pernah mengalami tabrakan atau tergenang banjir. Kalau Anda menemukan mobil impian di tempat lain, misalya langsung pada penjual tangan pertama, ajaklah seseorang yang mengerti soal otomotif memeriksa kondisi mobil. Akan lebih baik jika si penjual punya riwayat perbaikan atau perawatan.

Kalau semua penampilan fisik terlihat bagus, coba kendarai mobil tersebut dan perhatikan beberapa hal. Pertama, pada saat masuk persneling D atau R, pastikan tidak ada hentakan yang berlebihan atau terlalu keras.

Demikian pula saat mobil mulai bergerak maju atau mundur, seharusnya tetap halus dan tidak ada getaran yang berarti.

Kedua, pada saat perpindahan gigi, semestinya berlangsung secara halus, tidak mengentak kasar,apalagi saat berpindah dari posisi “D” ke posisi lain dengan gigi lebih rendah. Ketiga, jangan lupa untuk memeriksa bagian bawah mobil. Ke empat pastikan tidak ada bekas rembesar atau tetesan oli pada bagian transmisi.

istem transmisi otomatis

istem transmisi otomatis

Hal lain yang bisa dilakukan adalah, jika memungkinkan, bawa mobil tersebut ke bengkel resmi untuk diperiksa atau dianalisa transmisi dan bagian-bagian lain yang perbaikannya butuh biaya banyak. Jika semua sudah bagus, dan sudah dibeli, sebaiknya semua bagian dikuras (AC, radiator, tangki bahan bakar, serta pelumas).

Setelah dikuras, diganti dengan spesifikasi yang sesuai buku pedoman. Jangan lupa juga untuk membersihkan filter.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: