Skutik jangan keseringan membawa beban terlalu berat. Ini bahayanya

Beberapa kerugian harus ditanggung skuter matik (skutik) yang sering membawa beban diluar batas kemampuannya sebagai kendaraan tunggal. Potensi skutik mengalami kerusakan besar terjadi jika skutik terus menerus membawa beban yang diluar batas.

Service Advisor Yamaha Persada Motor, Dadang menjelaskan sejumlah kerugian skutik yang terlalu sering membawa bebab diluar batas ketentuan bukan hanya tidak nyaman saat dikendarai tapi juga usia komponen kendaraan yang cepat habis.

Skutik yang kelebihan muatan sulit melakukan maneuver sehingga kendali terhadap skutik makin berkurang. Tentu saja menurut Danang, situasi sepertiini sangat berbahaya bagi pengendara skutik.

Terkait komponen skutik yang makin habis usia pakainya akibat muatan skutik yang berlebihan, kanvas ganda menjadi komponen yang makin cepat habis usianya. Mengapa? Komponen kanvas ganda memiliki peran penting karena menjadi salah satu faktor kenyamanan berkendara.

“Usia normal kanvas ganda 25.000 km sekali. Namun, kalau bebannya selalu berlebihan setiap hari, umurnya bisa hanya sekitar 8.000 km atau kurang dari satu tahun,” kata Dadang seperti dilansir KompasOtomotif, Jumat (11/3).

Skutik Yamaha Aerox

Skutik Yamaha Aerox. (Kompasotomotif)

Biaya perbaikan kanvas ganda pun cukup mahal, mencapai Rp 400 ribu. Kerugian lainnya adalah penggunaan bahan bakar yang boros karena makin berat beban kendaraan dengan sendirinya tenaga yang dibutuhkan lebih besar yang berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: