Pemerintah siapkan Rp 100 miliar untuk selesaikan prototipe mobil listrik nasional

Pemerintah melalui Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristek) telah menyediakan anggaran hingga Rp 100 milia untuk mendukung penyelesaian desain inti dari prototipe mobil listrik nasional (Molina).

Selain dukungan anggaran, pemerintah juga memberi dukungan berupa manufaktur berupa pabrik produksi yang berada di Serpong, Tangerang, Banten. Hal tersebut dikatakan Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek, Muhammad Dimyati seperti dilaporkan beritasatu.com.

Menurut Muhammad Dimyati, prototipe Molina ditargetkan selesai dibuat tahun 2016 ini dengan dukungan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan RI yang telah memberi kesepakan terhadap anggaran Rp 100 miliar untuk pengembangan prototipe Molina.

“Kita juga sudah meminta LPDP untuk mem-back-up ini, supaya teman-teman lebih bersemangat lagi menyelesaikannya,” kata Muhammad Dimyati.

Yang dimaksud teman-teman oleh Muhammad Dimyati adalah konsorsium lima perguruan tinggi di Indonesia yang mendapat tugas untuk mengembangkan desain inti prototipe Molina. Lima perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Indonesia (UI) Depok.

Selain juga ada Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Muhammad Dimyati

Muhammad Dimyati. (Beritasatu.com)

Ditambahkan Dimyati, sebenarnya anggota konsorsium pengembangan Molina itu sudah memiliki prototipe mobil listrik dengan kekuatan masing-masing. Nah, kekuatan masing-masing mobil listrik tersebut dijadikan satu menjadi prototipe Molina.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: