Begini cara menggunakan rem tangan mobil yang baik

Pemilik kendaraan sering tidak menyadari sudah berapa kali menggunakan rem tanganatau rem parkir saat berkendara. Mungkin juga pemilik kendaraan tidak mengingat kapan terakhir kali memarkir kendaraan yang secara otomatis menuntut penggunaan rem parkir.

Rem parkir atau rem tangan sangat penting baik untuk kenyamanan serta keselamatan. Namun tidak banyak orang yang menyadari bahwa rem parkir tersebut juga harus  dijaga agar berfungsisesuai kegunaannya.

Penggunaan yang baik menjadi salah satu cara mudah agar rem parkir bekerja optimal. Penggunaan rem tangan akan terasa nyaman jika didukung posisi duduk yang tepat. Oleh karena itu, selama berkendara, aturlah jok tempat mengemudi agar tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat.

Apabila duduk dengan posisi di dekat lingkar kemudi, selain membuat tubuh cepat letih, juga mengurangi kenyamanan saat pengemudi ingin mengoperasikan rem tangan. Agar rem tangan memiliki usia pakai lebih panjang, hindari menarik tuas rem tangan secara penuh.

Walaupun kabel rem tangan bersifat elastis, tarik tuas rem tangan seperlunya hingga mobil tidak bergerak. Dengan perlakuan seperti ini, selain menjaga usia kabel rem, menarik tuas rem secukupnya akan memudahkan pengemudi saat rem tersebut dilepas.

Ketika ingin mengaktifkan rem parkir, tombol release tetap perlu ditekan agar kondisi gir tetap terjaga dan tahan lama. Gir yang terjaga dalam kondisi prima bisa membantu pengemudi saat berkendara mengalami rem blong.

Selain itu, jika pemilik kendaraan tidak menggunakan kendaraan dalam waktu lama, jika memungkinkan jangan menggunakan rem parkir, apalagi pada saat mobil dalam kondisi basah, atau selesai dicuci. Penggunaan rem parkir saat brake pad atau brake shoe masih basah akan membuat tromol atau piringan berkarat.

rem tangan

Rem tangan. (id.wikipedia)

Apabila meninggalkan mobil di garasi dalam waktu 3 hari atau lebih, sebaiknya cukup arahkan tuas pada posisi “P” jika menggunakan transmisi otomatis. Jika menggunakan transmisi manual, gunakan balok atau benda pada keempat ban mobil untuk menahan bodi mobil tidak gampang bergerak.

Rawatlah rem tangan secara berkala dengan cara membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk segera mendapatkan pembersihan pada rem dan piringan. Kotoran yang ada pada sistem pengereman dapat menggores piringan sehingga daya cengkeram rem tidak bisa maksimal.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: