Mengapa speedometer kendaraan bisa rusak? Ini penjelasannya

Seberapa pentingkah fungsi speedometer bagi Anda pengendara kendaraan? Speedometer adalah komponen kendaraan yang mampu memberi informasi tentang kecepatan mobil. Jik speedometer rusak, pengendara tidak mengetahui kecepatan kendaraan saat melaju.

Hal ini tentu bisa membahayakan keselamatan pengguna kendaraan juga pengguna jalan raya yang lain. Speedometer yang bekerja maksimal akan diperlihatkan dengan pergerakan jarum penunjuk angka jika speedometer sudah menggunakan teknologi digital.

Pada saat speedometer mengalami kerusakan, maka jarus akan naik turun tidak beraturan sehingga tidak memperlihatakn kecepatan mobil yang sesungguhnya. Ada sejumlah penyebab dari terjadinya kerusakan speedometer kendaraan. Berikut keterangannya seperti dilansir dari detikOto:

Pertama, periksa kabel pada speedometer. Perhatikan kondisi kabel apakah ada yang rusak atau tidak. Misalnya ada kabel speedometer yang putus, sudah tentu akan membuat speedometer tidak berfungsi normal.

Speedometer

Speedometer. (Pixabay)

Kedua, perhatikan cara mengemudi kendaraan. Jika cara berkendara serampangan, akan menjadi penyebab speedometer kendaraan jadi rusak. Berkendara di temapt yang penuh guncangan juga dapat menyebabkan speedometer berguncang tidak beraturan dan membuatnya rusak.

Ketiga, kerusakan pada speedometer ini bisa disebabkan karena tromol yang rusak sehingga membuat kabel speedometer tidak berputar. Apa solusinya? Pemilik kendaraan bisa menyemprot dengan cairan penertan pada kabel speedometer yang kotor atau sudah karatan. Apabila memang ditemukan kabel yang putus, segera diganti saja dengan membawa kendaraan ke bengkel yang sering dipakai.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: