Ini langkah-langkah merawat kondisi klakson kendaraan

Salah satu peranti penting pada kendaran bermotor baik roda dua atau roda adalah klakson. Selain memberi peringatan pada pengguna jalan lain, pada sejumlah kendaraan, klakson digunakan untuk mendukung sistem alarm. Oleh karena itu, pemilik atau pengguna kendaraan bermotor sudah semestinya memperhatikan peranti klakson dan tentu saja merawatnya.

Dilansir dari harian Kompas, langkah merawat klakson adalah pertama, memperhatikan sekring untuk menentukan lokasi sekring yang terhubung dengan klakson yang bisa dilihat di buku manual. Kalau kondisi sekring sudah terlihat memudar atau logam, pada sekring sudah mengalami kerusakan, maka sebaiknya sekring diganti dengan yang baru.

Kedua, jangan lupa untuk membersihkan pula soket sekring agar kotoran atau debu yang menempel tidak lagi mengganggu penggunaan klakson. Ketiga, memeriksa semua sambungan kabel atau sistem kelistrikan yang ada pada klakson. Pastikan semua sudah terhubung dengan baik dan tidak ada bagian yang cacat.

Bagi pemiliki kendaraan yang memodifikasi peranti klaksonnya, periksa apakah klakson sudah terpasang sesuai posisinya. Hal ini perlu diperhatian mengingat sering terjadi gangguan pada klakson karena posisinya yang tidak tepat terpasang. Padahal, pada umumnya, dalam setiap kemasan klakson sudah ada keterangan bgaimana pemasangan klakson yang benar.

Klakson mobil

Klakson mobil. (AutocarIndonesia.com)

Posisi klakson yang kurang tepat dapat juga mempengaruhi performa klakson saat dipergunakan. Posisi yang tidak tepat pada klakson misalnya dihadapkan ke depan sehingga kotoran, debu dan air bisa masuk dengan mudah sehingga malah mengganggu kinerja klakson. Biasanya ini terjadi pada klakson keong. Maka sebaiknya klakson dipasang menghadap ke samping atau ke bawah.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: