Cara membuat kabin kendaraan jadi segar kembali

Bau tak sedap dalam kabin mobil bisa mengganggu. Kalau tak punya waktu dan mau mengeluarkan sejumlah uang, bawa saja ke salon mobil, masalah langsung teratasi. Namunkalau ada awaktu luang, beberapa langkah berikut bisa dilakukan, murah meriah.

Langkah pertama dengan membuka sedikit kaca mobil selama semalam agar udara dalam kabin bisa bersirkulasi. Pastikan saat melakukan hal ini, mobil diparkir di tempat aman dan jauh dari tangan jahil. Pastikan juga, mobil di parkir di garasi atau di tempat beratap agar terlindung dari hujan.

Langkah kedua adalah mencuci karpet. Pada saat musim hujan, karpet sering basah karena terkena air dari alas kaki. Kalau didiamkan saja, air tersebut berpotensi menimbulkan bau karena sudah bercampur debu dan kotoran.

Pastikan usai dicuci, karpet harus dijemur hingga benar-benar kering sebelum dipasang kembali. Kalau bau masih ada, cari sumber baunya dengan memeriksa seluruh bagian interior mobil termasuk jok, langit-langit dan ventilasi AC.

Ketika sumber bau sudah ditemukan, dan dalam kondisi basah, segera saja dikeringkan, bila perlu gunakan hair dryer. Kalau sumber bau ada didalam lubang ventilasi AC, bisa coba dibersihkan dengan menggunakan pembersih telinga (cotton bud).

Cara membersihkan interior mobil

Cara membersihkan interior mobil. (Mobil88.astra)

Langkah tradisional untuk menghilangkan bau adalah dengan meletakkan bubuk kopi di dalam kabin, diamkan selama satu malam, bubuk kopi efektif mengusir bau karena kafeindalam kopi memiliki atom nitrogen yang mampu meningkatkan karbon untuk menyerap sulfur.

Langkah tradisional menggunakan bubuk kopi untuk menghilangkan bau pada interior mobil ini, seperti dilansir Kompas, sudah diuji oleh ahli kimia City University of New York, Teresa J Bandosz, dalam The Journal of Hazardous Materials.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: