Begini cara merawat power window pada mobil agar nyaman dioperasikan

Jendela elektrik (power window) berfungsi meningkatkan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, sistem ini harus terus dirawat oleh pemilik kendaraan agar kinerjanya selalu bagus. Bagian-bagian mana saja yang harus diperhatikan agar komponen power window awet dan tahan lama.

Power window telah menjadi bagian standar bagi kebanyakan mobil yang baru diproduksi. Power window ini adalah sistem yang pertama kali diperkenalkan oleh Packard pada tahun 1940 yang memudahkan pengemudi maupun penumpang saat ingin menaik turunkan jendela mobil.

Hanya dengan menekan salah satu tombol, kaca jendela bergerak sesuai yang kita inginkan, ke atas atau ke bawah, atau bergeser ke depan atau belakang bagi mobil yang memiliki sun roof. Pada sistem elektrik power window, paling tidak ada empat (4) komponen yang harus diperhatikan agar jendela elektris berada pada performa terbaiknya.

Pertama, motor power window. Meski konstruksi motor power window terlihat sederhana, namuan komponen ini memiliki fungsi sangat vital karena mempunyai tugas menaik turunkan kaca jendela.

Oleh karena itu, agar sistem mekanis motor tidak terkena masalah, maka kaca mobil diusahakan harus tetap bersih dari kotoran yang bisa masuk ke motornya. Sebab, jika motor power window ini rusak, biaya untuk mengganti peranti ini tidaklah murah.

Kedua, bagian regulator. Komponen ini berguna memegang kaca jendela yang terhubung dengan motor power window. Bagian-bagian regulator adalah pegangan kaca dari besi yang dilengkap gerigi serta kabel khusus sebagai penghantar tenaga yang menggerakkan kaca jendela.

Komponen regulator memang terlihat kuat. Namun begitu, komponen ini juga bisa saja rusak. Misalnya jika gerigi yang ada didalam regulator sudah tipis dan tidak bisa menerima putaran dinamo dengan baik menjadi salah satu indikasi regulator mengalami kerusakan. Sama halnya dengan regulator jenis kabel. Jika kabel terputus, maka kaca jendela tidak dapat beroperasi secara elektrik.

elektris sistem power window

Sistem lektris pada power window. (a1electric.com)

Ketiga, bagian rel atau jalur kaca atau bisa juga disebut pelindung sistem power window. Rel kaca mudah dilihat karena dipasang pada bingkai jendela. Rel adalah komponen yang terdiri dari bahan kawat serta beledu.

Untuk menjaga kondisi rel kaca tetap bagus, disarankan untuk rutin mencuci mobil ketika baru saja mengikuti perjalanan jauh. Jika komponen rel kaca ini diabaikan keberadaannya, maka kaca jendela tidak dapat bekerja dengan maksimal karena sulit dioperasikan secara elektris.

Ketika mencuci mobil, jangan lupa menggunakan sampo mobil dengan kualitas baik agar kelembaban dan elastisitas karet dalat terjaga. Hal penting lagi adalah mengoperasikan tombol power window dengan halus agar arus listrik mengalir dengan baik pada sistem elektris.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: